Bola Internasional

Simon Kjaer, Pemimpin dan Malaikat Penyelamat Nyawa Christian Eriksen

Minggu, 13 Juni 2021 04:49 WIB
Penulis: Bayu Wira Handyan | Editor: Coro Mountana
© Stuart Franklin/Getty Images
Simon Kjaer dan Anthony Taylor adalah dua sosok penting di balik tertolongnya nyawa Christian Eriksen ketika mengalami kolaps di laga Denmark vs Finlandia. Copyright: © Stuart Franklin/Getty Images
Simon Kjaer dan Anthony Taylor adalah dua sosok penting di balik tertolongnya nyawa Christian Eriksen ketika mengalami kolaps di laga Denmark vs Finlandia.

INDOSPORT.COM Simon Kjaer adalah sosok penting di balik tertolongnya nyawa Christian Eriksen ketika mengalami kolaps yang diduga dipicu oleh serangan jantung dalam laga pembuka Grup B Euro 2020 antara Denmark vs Finlandia di stadion Parken.

Insiden serius tersebut terjadi pada Christian Eriksen di pertandingan pertama Grup B Euro 2020 yang mempertemukan Denmark dan Finlandia.

Kejadian bermula ketika playmaker Inter Milan itu sedang berusaha menerima umpan dari rekannya di pinggir lapangan pada penghujung babak pertama. Namun sesaat bola hendak diterima oleh Eriksen, ia langsung terjatuh tak sadarkan diri.

Sontak hal itu langsung membuat para pemain Denmark dan Finlandia panik. Situasi di stadion Parken pun langsung mendadak bisu diiringi tangis kesedihan dari penonton.

Di balik kekagetan yang terjadi dan sebelum tim medis masuk ke lapangan, Simon Kjaer diketahui muncul sebagai ‘malaikat penyelamat’ Eriksen. Berkat tindakan sigap Kjaer, nyawa Eriksen bisa tertolong.

Kapten Denmark, Simon Kjaer begitu tahu Christian Eriksen alami kolaps, ia langsung mencoba membuka mulut rekannya. Langkah itu dilakukan Kjaer agar memastikan lidah tak tertelan sehingga Eriksen masih bisa bernafas.

Kjaer juga merupakan orang pertama yang memberikan pertolongan CPR (resusitasi jantung paru) pada Eriksen yang tiba-tiba roboh di sudut lapangan jelang berakhirnya babak pertama antara Denmark dan Finlandia ini.

Kjaer lalu meminta rekan-rekannya untuk mengelilingi Eriksen agar tak tersorot kamera TV. Soalnya saat Eriksen mengalami kolaps, itu bukan tontonan publik sehingga Kjaer merasa perlu ditutup oleh rekan-rekannya. 

Pertolongan yang diberikan oleh Kjaer sebelum Eriksen mendapatkan penanganan dari tim medis tersebut diyakini adalah kunci tertolongnya eks playmaker Tottenham Hotspur ini. Berkat kesigapan sebagai seorang kapten, Kjaer telah menjadi malaikat penyelamat nyawa bagi Eriksen juga.

Tak lupa juga, Kjaer tertangkap kamera sempat menenangkan istri dari Eriksen dan memberi tahu kalau semuanya akan baik-baik saja. Untuk tugas yang satu ini, Kjaer dibantu oleh Kasper Schmeichel dalam menenangkan istri Eriksen.

Tak hanya Kjaer dan Schmeichel saja yang berjasa, aksi dari wasit Anthony Taylor juga patut diacungi jempol. Soalnya ia langsung menghentikan laga Denmark vs Finlandia dan sigap memanggil bantuan medis untuk Eriksen.

Eriksen sendiri dikabarkan telah siuman. UEFA melalui akun Twitter resmi miliknya menyatakan jika sang pemain telah dibawa ke rumah sakit dan saat ini tengah menjalani perawatan usai kolaps di tengah laga Denmark vs Finlandia.