In-depth

Potensi Grup Neraka Bayangi Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Asia 2023

Jumat, 18 Juni 2021 21:44 WIB
Editor: Juni Adi
© PSSI
Timnas Indonesia vs Vietnam Copyright: © PSSI
Timnas Indonesia vs Vietnam

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia harus lebih dahulu melewati play-off untuk bisa mengikuti Kualifikasi Piala Asia 2023 mendatang.

Timnas Indonesia telah menyelesaikan agenda pertandingan internasionalnya, yaitu mengiktui Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia. Sudah bisa ditebak, penampilan anak asuh Shin Tae-yong jauh dari kata memuaskan.

Tergabung di Grup G yang mayorita dihuni negara-negara Asia Tenggara, seperti Vietnam, Malaysia, Thailand dan Uni Emirat Arab, Indonesia tak bisa berbuat banyak.

Dari total 8 pertandingan, Skuat Garuda hanya mampu meraih satu poin, dari satu kali imbang dan 7 pertandingan lainnya berakhir dengan kekalahan.

Pil pahit ini ditelan Timnas Indonesia sejak pertandingan perdana kala diasuh oleh pelatih Simon McMenemy. 

Kala itu Timnas Indonesia berhadapan dengan Malaysia di laga perdana Grup G. Bermain di Stadion Utama Gelora Bung Karno, tuan rumah takluk dengan skor 2-3 pada 5 September 2019 lalu.

Lima hari berselang, giliran Thailand yang akan menantang Timnas Indonesia di tempat yang sama. Lagi, tuan rumah tidak bisa berbuat apa-apa karena takluk dengan skor 0-3.

Performa buruk dua kekalahan di laga kandang tersebut rupanya terus mengikuti perjuangan Evan Dimas cs di Kualifikasi Piala Dunia 2022 ini.

Sebab, di tiga laga tandang selanjutnya Timnas Indonesia takluk yakni melawan Uni Emirat Arab 0-5, Vietnam 1-3 dan Malaysia 0-2.

Rentetan hasil buruk membuat Simon McMenemy dilengserkan oleh PSSI, dan digantikan oleh Shin Tae-yong. Bersama mantan pelatih Timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018 itu Timnas Indonesia tampil sedikit lebih baik. 

Mereka berhasil menahan imbang Thailand 2-2, namun terbantai di dua laga terakhir melawan Vietnam 0-4 dan Uni Emirat Arab 0-5.