Liga Indonesia

3 Kerugian Persija Jakarta Usai Ditinggal Marc Klok

Kamis, 24 Juni 2021 17:18 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Kepergian mengejutkan Marc Klok dari klub Liga 1, Persija Jakarta, terbilang mengejutkan dan berpotensi menimbulkan sejumlah kerugian bagi tim Macan Kemayoran. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Kepergian mengejutkan Marc Klok dari klub Liga 1, Persija Jakarta, terbilang mengejutkan dan berpotensi menimbulkan sejumlah kerugian bagi tim Macan Kemayoran.

INDOSPORT.COM - Kepergian mengejutkan Marc Klok dari klub Liga 1, Persija Jakarta, terbilang mengejutkan. Sejumlah kerugian bisa segera dirasakan oleh tim Macan Kemayoran.

Kabar mengejutkan datang dari klub Liga 1, Persija Jakarta. Tim Macan Kemayoran telah resmi mengumumkan perpisahan dengan gelandang naturalisasi, Marc Anthony Klok.

Kepastian berpisahnya Persija dengan Marc Klok diutarakan langsung oleh Presiden Persija Jakarta, Mohamad Prapanca. Baik manajemen Persija Jakarta maupun Marc Klok telah sepakat mengakhiri kontrak kerja sama.

"Persija dan Marc Klok secara resmi bersepakat mengakhiri kontrak kerja sama profesional. Oleh karena itu Klok tidak lagi menjadi bagian tim Persija per hari ini," ucap Prapanca.

Tentu kabar ini sangat mengejutkan. Terlebih kontrak Klok bersama Persija Jakarta masih tersisa panjang.

Klok didatangkan Persija Jakarta dari PSM Makassar tahun 2020 lalu. Saat itu pemain asal Belanda ini dikontrak panjang selama empat tahun.

Penampilan Marc Klok bersama Persija Jakarta terbilang impresif. Klok berhasil mempersembahkan gelar juara Piala Menpora. Tak hanya itu dia juga menyabet gelar pemain terbaik di turnamen tersebut.

Belakangan terungkap, ada dugaan masalah uang di balik kepergian Klok dari Jakarta. Hal ini seperti diungkapkan oleh Ketua Jakmania, Dicky Soemarno.

"Intinya dia tidak mau tanda tangan addendum kedua tentang penyesuaian gaji." tulis Dicky di kolom komentar instagramnya.

Kepergian Marc Klok memang disayangkan. Sejumlah kerugian pun bisa dirasakan oleh klub Persija Jakarta selepas kepergiannya.

1. Susah Cari Pengganti Sepadan

Gelaran Liga 1 kurang dari tiga minggu lagi. Namun, Persija Jakarta sudah ditinggal salah satu pilar pentingnya, Marc Klok.

Situasi ini mau tidak mau memaksa Persija Jakarta untuk mencari pemain baru. Masalahnya, untuk mendapatkan pemain dengan kriteria seperti Klok tidaklah gampang.

Marc Klok memiliki sejumlah kelebihan. Ia merupakan gelandang dengan kualitas di atas rata-rata Liga 1.

Di atas semua itu, Marc Klok tidak lagi berstatus pemain asing setelah sukses dinaturalisasi. Klub Liga 1 mana pun yang merekrut Marc Klok bisa 'mengakali" regulasi jumlah pemain asing.

Dengan terbatasnya pemain naturalisasi, Persija mau tidak mau harus mengorbankan satu slot pemain asingnya untuk mendapatkan gelandang sekaliber Marc Klok.