Liga Champions

RESMI! Musim Depan Tak Ada Lagi Aturan Gol Tandang di Liga Champions

Kamis, 24 Juni 2021 22:06 WIB
Editor: Juni Adi
© INDOSPORT
Logo Liga Champions. Copyright: © INDOSPORT
Logo Liga Champions.

INDOSPORT.COM - Kabar mengejutkan datang dari ranah sepak bola Eropa, dimana UEFA baru-baru ini merilis pernyataan bahwa mereka resmi menghapus aturan yang telah lama melekat di Liga Champions yakni sistem gol tandang.

Keputusan tersebut diambil oleh UEFA dalam rapat anggota di Porto, Portugal, sebelum menggelar laga final Liga Champions musim lalu. 

Hasil dari rapat kemudian diajukan oleh UEFA ke Komite Eksekutif, dan akhirnya keluar rekomendasi menyetujui untuk dihapus sistem gol tandang ini.

Aturan gol tandang pertama kali dipakai oleh UEFA pada 1965, dan berlangsung hingga musim lalu. Ide penghapusan sejatinya sudah pernah diutarakan bertahun-tahun lalu, namun selalu tak mendapat dukungan yang cukup. 

UEFA beralasan bahwa sistem gol tandang di Liga Champions ini sudah usang, dan hanya menguntungkan bagi tim yang lebih dahulu menjalani partai away di fase gugur.

"Banyak pelatih, fans dan stakeholder sepak bola yang mempertanyakan keadilan dari sistem gol tandang ini. Mereka menginginkan peraturan dihapus," kata Presiden UEFA, Aleksander Ceferin.