Bola Internasional

Joachim Low Tinggalkan Warisan Besar untuk Timnas Jerman

Kamis, 1 Juli 2021 17:36 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Isman Fadil
© Mike Egerton/PA Images via Getty Images
Joachim Low, pelatih terbesar Jerman. Copyright: © Mike Egerton/PA Images via Getty Images
Joachim Low, pelatih terbesar Jerman.

INDOSPORT.COM - Tidak sanggup membawa Jerman bertakhta di Euro 2020 tidak membuat keharuman nama Joachim Low hilang begitu saja. Sosok pelatih berusia 61 tahun tersebut masih dianggap sebagai salah satu ahli taktik tersukses yang pernah lahir di negeri industri.

Low boleh dibilang gagal memberikan hadiah perpisahan manis untuk para pendukung Jerman di Euro 2020. Usai susah payah lolos dari grup neraka yang berisikan Portugal, Prancis, dan Hungaria, Tim Panser harus takluk dari rival bebuyutan Inggris dengan skor 2-0 di babak 16 besar.

Hasil memperburuk catatan Low bersama Jerman dalam dua kompetisi besar terakhir setelah sebelumnya gugur prematur dengan tidak lolos fase grup di Piala Dunia 2018. Padahal dibawah asuhannya Der Panzer sempat disebut tim spesialis turnamen yang setidaknya sanggup melaju sampai semi final.

Meski demikian Low memang patut diacungi jempol karena berkat kerja kerasnya Jerman sanggup menjuarai Piala Dunia 2014 dan Piala Konfederasi 2017. Karenanya juga banyak pemain hebat tercatat pernah merumput dalam balutan jersey putih-hitam ala Die Mannschaft seperti Thomas Muller, Manuel Neuer, Mesut Ozil, dan masih banyak lagi.

"Tidak bisa bersama manajer setelah Piala Eropa adalah hal berat bagi kami. Aku rasa ia adalah manajer terhebat yang pernah kami punya. Negara dan para pemain bangga padanya," tutur Kai Havertz, penggawa Jerman, pada Four Four Two.

"Kariernya sejauh ini luar biasa. Kami menyesal tidak bisa membantunya mendapatkan akhir yang baik namun itu tidak mengubah fakta jika Low adalah sosok penting untuk Jerman," tambah pemain versatile milik Chelsea itu.