Bola Internasional

Publik Ragukan Raheem Sterling, Bos Inggris Justru Semakin Senang

Kamis, 1 Juli 2021 12:45 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Indra Citra Sena
© Catherine Ivill/Getty Images
Selebrasi pemain Inggris, Raheem Sterling usai mencetak gol pada pertandingan babak 16 besar Kejuaraan UEFA Euro 2020 antara Inggris dan Jerman. Copyright: © Catherine Ivill/Getty Images
Selebrasi pemain Inggris, Raheem Sterling usai mencetak gol pada pertandingan babak 16 besar Kejuaraan UEFA Euro 2020 antara Inggris dan Jerman.

INDOSPORT.COM - Keputusan Gareth Southgate terus memainkan Raheem Sterling di Euro 2020 menuai banyak kritik, tapi toh pelatih timnas Inggris tersebut justru senang karena sang pemain semakin menunjukkan karakter pejuangnya.

Wajar apabila publik sempat mendesak Southgate untuk mencadangkan Sterling. Pasalnya, banyak opsi pemain sayap yang dapat dipilih selain winger 26 tahun tersebut, seperti Marcus Rashford, Jadon Sancho serta duo pendatang baru, Jack Grealish dan Bukayo Saka.

Musim lalu, Rashford tampil gemilang bersama Manchester United dengan perolehan 23 gol plus sembilan assist di semua ajang. Dia diyakini bisa lebih hebat lagi andaikan tidak direcoki cedera punggung.

Performa serupa juga ditunjukkan Jadon Sancho yang menelurkan 16 gol dan 14 assist untuk Borussia Dortmund, baik di kompetisi lokal maupun kontinental.

Tapi, kepercayaan Southgate terhadap Raheem Sterling terbukti berbuah manis. Saat Rashford dan Sancho menghangatkan bangku cadangan, Sterling membukukan tiga gol untuk Inggris sejak fase grup hingga babak 16 besar Euro 2020.

Terakhir, penggawa asal Manchester City itu menjebol gawang Jerman untuk membuka kemenangan Inggris yang lolos berkat kemenangan meyakinkan 2-0.

"Sterling itu orang yang gigih. Daya juang dan rasa laparnya besar. Dalam beberapa tahun terakhir, naluri mencetak golnya semakin terlihat," ujar Southgate seperti dikutip dari Sky Sports.

"Saat ini, Sterling tahu bahwa tim menghormatinya. Dia selalu menjadi ancaman untuk lawan. Salah satu pemain yang kembali dari Piala Dunia dengan semangat besar adalah Sterling," tambah mantan juru taktik Middlesbrough itu.