Bola Internasional

Bakal Jadi ASEAN Kedua di Piala Dunia, Intip Ranking Vietnam Saat Ini

Jumat, 2 Juli 2021 19:16 WIB
Penulis: Bayu Wira Handyan | Editor:
© Gary Tyson/Getty Images for SEA Games
Timnas Vietnam di SEA Games 2019. Copyright: © Gary Tyson/Getty Images for SEA Games
Timnas Vietnam di SEA Games 2019.

INDOSPORT.COM – Selangkah lagi menjadi negara ASEAN kedua yang tampil di Piala Dunia, berapa ranking FIFA terbaru yang dimiliki oleh Vietnam?

Dari laman resmi FIFA, saat ini Vietnam diketahui bertengger di posisi ke-92 dunia. Di AFC, Vietnam menduduki peringkat ke-13 dan menjadi tim dengan peringkat tertinggi dari ASEAN.

Meninggalkan jauh rival-rival mereka seperti Thailand, Filipina, Malaysia, Singapura, dan Indonesia yang semakin terpuruk di peringkat ke-173.

Vietnam sendiri memastikan diri melaju ke Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2022 setelah finis di posisi kedua Grup G, di bawah Uni Emirat Arab.

Di putaran ketiga ini, Vietnam tak lagi akan menghadapi lawan-lawan ‘receh’ seperti yang mereka alami di Grup G kemarin.

Skuat asuhan Park Hang-seo kali ini akan menghadapi para jagoan sepakbola Asia. Beberapa dari mereka bahkan telah lebih dari sekali tampil di Piala Dunia.

Tergabung di Grup B Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2022, Vietnam akan bersaing dengan Australia, China, Jepang, Oman, dan Arab Saudi demi satu tiket tampil di Qatar.

Kans Vietnam cukup berat mengingat mereka satu grup dengan ‘raksasa’ Asia seperti Jepang, Arab Saudi, China, dan si negara naturalisasi, Australia.