Bola Internasional

Kenapa Tak Ada Pemain Kulit Hitam di Timnas Argentina?

Sabtu, 3 Juli 2021 12:33 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© Getty Images
Skuat Tim Nasional Argentina di Piala Dunia 2018. Copyright: © Getty Images
Skuat Tim Nasional Argentina di Piala Dunia 2018.

INDOSPORT.COM - Tim nasional Argentina menjadi salah satu kekuatan terbaik di sepak bola dunia. Berasal dari Amerika Selatan yang dihuni banyak pemain berwarna kulit hitam, mengapa La Albiceleste tak memiliki banyak pemain berwarna kulit gelap?

Timnas Argentina dengan deretan bintangnya di setiap generasi mampu meraih prestasi apik di pentas sepak bola internasional.

Total 2 gelar Piala Dunia dan 14 gelar Copa America menjadi bukti kedigdayaan La Albiceleste di kancah sepak bola dunia.

Argentina pun punya banyak sisi menarik yang bisa dikulik dari tim nasionalnya. Salah satunya adalah kenapa jarang atau tak adanya pemain berkulit hitam di skuat La Albiceleste.

Hal tersebut menjadi suatu keanehan tersendiri. Sebab, Argentina berasal dari Amerika Latin atau Amerika Selatan.

Hampir negara-negara tetangga Argentina seperti Brasil, Ekuador, Kolombia, Chile memiliki setidaknya satu pemain berkulit hitam di tim nasionalnya.

Di Brasil pernah ada Pele, di Ekuador ada Agustin Delgado, Kolombia juga ada Faustino Asprilla. Namun,mengapa hanya Argentina tak terlihat punya atau jarang mempunyai pemain berkulit hitam?

Berikut kisah mengapa Argentina tak memiliki pemain berkulit gelap seperti negara-negara rival dari Amerika Selatan.