Bola Internasional

Kesombongan Inggris Jadi Motivasi Italia di Final Euro 2020

Selasa, 13 Juli 2021 20:47 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Juni Adi
© Christian Charisius/picture alliance via Getty Images
Selebrasi para pemain Timnas Italia saat merayakan kemenangan usai mengalahkan Timnas Inggris di final Euro 2020. Copyright: © Christian Charisius/picture alliance via Getty Images
Selebrasi para pemain Timnas Italia saat merayakan kemenangan usai mengalahkan Timnas Inggris di final Euro 2020.

INDOSPORT.COM - Rasa besar kepala yang meliputi Inggris dan segenap pendukungnya rupanya justru jadi alasan Italia tampil oke di final Euro 2020. Gli Azzurri pun dapat membuktikan bahwa mereka sama sekali bukan tim underdog di Wembley.

Setiap Euro atau Piala Dunia digelar, suporter Inggris memang kerap kali dibanjiri optimisme berlebihan. Slogan 'football is coming home' pun jamak terdengar diantara mereka.

Sayang skuat The Three Lions tidak pernah benar-benar mengubah histeria fansnya menjadi suka cita yang sebenarnya.

Terbukti dengan kandasnya anak-anak asuhan Gareth Southgate via adu penalti di partai puncak yang digelar pada 12 Juli lalu.

Padahal nasib tampak tersenyum pada Inggris saat Luke Shaw menjebol gawang Gianluigi Donnarumma di menit kedua.

Sialnya Italia masih bisa membalas lewat sontekan Leonardo Bonucci di paruh selanjutnya. Kegagalan Marcus Rashford, Jadon Sancho, dan Bukayo Saka di babak tos-tosan membuat tuan rumah lantas kalah dengan skor 2-3.

"Tentu saja kami sudah tahu dengan slogan mereka. Dari semi final kami dengar soal itu. Maaf saja tapi sepakbola kali ini akan pulang ke Roma," ujar Bonucci usai laga.

"Trofi ini buat orang Italia di seluruh dunia. Itu niatan kami sejak awal kompetisi. Kemenangan ini jadi awal kebangkitan kami dan bersama (Roberto) Mancini akan lebih banyak lagi prestasi," tambah bek 34 tahun tersebut.