Bola Internasional

Meksiko Diterpa Isu Diskriminasi Naturalisasi, Pemain 'Cabutan' Argentina Diserang

Kamis, 15 Juli 2021 21:25 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Indra Citra Sena
© Jaylynn Nash/Icon Sportswire via Getty Images
Meksiko. Copyright: © Jaylynn Nash/Icon Sportswire via Getty Images
Meksiko.

INDOSPORT.COM - Di tengah perjuangan mengarungi CONCACAF Gold Cup atau Piala Emas 2021, Meksiko diterpa isu tidak sedap. Keputusan memanggil Rogelio Funes Mori yang notabene pemain naturalisasi menjadi penyebabnya.

Sejumlah pihak merasa jika timnas Meksiko seharusnya berisikan pemain-pemain asli Meksiko saja. Tidak cuma itu, pelatihnya pun harus putra asli negeri sombrero, artinya manajer Gerardo Martino juga ikut terseret.

Mantan juru taktik El Tri, Ricardo 'Tuca' Ferretti, adalah salah satu yang paling vokal menyoroti program naturalisasi Funes Mori. Ia merasa lebih baik Javier "Chicharito' Hernandes" (33 tahun) yang dipanggil untuk menjadi mesin gol Meksiko.

"Baik pelatih maupun pemain haruslah orang Meksiko. Bukannya ingin mendiskriminasi siapa pun, tapi jika menggunakan sumber daya asing berarti itu tanda ada yang tidak beres dengan kualitas orang Meksiko," papar Tuca.

"Jika keputusan ada di tangan saya, Chicharito yang akan saya masukkan. Ia putra Meksiko asli. Sudah sepatutnya kembali ke timnas dan bikin banyak gol," tambah pria yang sejatinya juga separuh Brasil tersebut.