In-depth

Jordan Henderson Bakal Didepak, Ini Dia 3 Nama yang Layak Jadi Kapten Baru Liverpool

Kamis, 22 Juli 2021 10:15 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
© Twitter Premier League
Selebrasi bBek Liverpool, Virgil van Dijk, usai mencetak gol ke gawang Leeds United dalam laga Liga Inggris, Sabtu (12/9/20). Copyright: © Twitter Premier League
Selebrasi bBek Liverpool, Virgil van Dijk, usai mencetak gol ke gawang Leeds United dalam laga Liga Inggris, Sabtu (12/9/20).
Trio Pemain Belakang

1. Virgil van Dijk

Sejak didatangkan dari Southampton pada Januari 2018, Virgil van Dijk langsung menjadi sosok penting bagi Liverpool. Kepemimpinan dan ketenangannya di lini belakang menjadi salah satu kunci Liverpool menjuarai Liga Champions dan Liga Inggris pada 2018/2019 dan 2019/2020.

Ketiadaan Virgil van Dijk nyaris sepanjang musim lalu akibat cedera pun terbukti sempat membuat The Reds kedodoran.

Berstatus sebagai salah satu pemain senior di tim dan menjabat kapten di timnas Belanda, van Dijk bisa menjadi opsi yang baik untuk menjadi kapten baru The Reds. Ia dikenal sebagai sosok yang vokal dan menjadi salah satu pemain yang dihormati di ruang ganti.

Statusnya sebagai starter juga memudahkannya memimpin anak asuh Brendan Rodgers secara langsung di atas lapangan.

2. Andy Robertson

© Daily Express
Bek Liverpool, Andy Robertson. Copyright: Daily ExpressBek Liverpool, Andy Robertson.

Sama seperti van Dijk, Andy Robertson juga menjadi sosok kunci di lini belakang Liverpool sejak diboyong dari Hull City di musim panas 2017.

Hingga saat ini, ia tak tergusur dari peran sebagai full back kiri dengan catatan 177 penampilan dalam 4 musim. Tak hanya tangguh menggalang pertahanan, ia juga piawai membantu serangan dan sudah mengoleksi 5 gol dan37 assist.

Robertson juga dikenal sebagai sosok yang vokal dan kini menjabat kapten di timnas Skotlandia. Ia berhasil membawa negaranya itu lolos ke Euro meski akhirnya hanya jadi juru kunci di fase grup.

3. Trent Alexander-Arnold

© @TMnl_news
Trent Alexander-Arnold, pemain Liverpool. Copyright: @TMnl_newsTrent Alexander-Arnold, pemain Liverpool.

Sejak menjalani debut di tim utama Liverpool pada 2016, Trent Alexander-Arnold berkembang pesat menjadi salah satu bek kanan terbaik dunia. Ia dikenal memiliki kemampuan yang baik dalam membantu serangan dan sudah mencetak 14 gol serta 48 assist dari 186 penampilan untuk The Reds.

Meski tak sevokal Robertson dan van Dijk, Trent Alexander-Arnold dikenal memiliki mental tangguh serta ketenangan dan kematangan melebihi usianya.

Manajer Jurgen Klopp bahkan pernah menunjuknya menjadi kapten saat menghadapi Midtjylland di Liga Inggris musim lalu, mengungguli Mohamed Salah.

Dengan statusnya sebagai pemain asli Liverpool, Alexander-Arnold menjadi opsi terbaik bagi Liverpool jika ingin mengembalikan ban kapten ke tangan pemain lokal, seperti pada era Steven Gerrard.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
100%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%