In-depth

Jalan Rangers Menuju Liga Champions Bersama Steven Gerrard, Berat!

Sabtu, 24 Juli 2021 17:05 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Ian MacNicol/Getty Images
Steven Gerrard punya tugas penting membuat Rangers bicara banyak di ajang Liga Champions. Copyright: © Ian MacNicol/Getty Images
Steven Gerrard punya tugas penting membuat Rangers bicara banyak di ajang Liga Champions.

INDOSPORT.COM - Mengukir catatan brilian selama menangani Glasgow Rangers, Steven Gerrard kini harus menghadapi tantangan menembus Liga Champions.

Jika bicara soal pesepak bola yang terjun ke dunia kepelatihan setelah pensiun, tentu daftarnya akan sangat-sangat panjang. Dari A sampai Z, kira-kira berapa banyak sosok yang memutuskan melatih tim sepak bola usai gantung sepatu?

Namun jika dikerucutkan, Stevie G adalah salah satu legenda Timnas Inggris yang memilih jadi pelatih setelah menutup karier profesionalnya di LA Galaxy.

Langkah serupa pun diambil rekan-rekannya di skuat The Three Lions dulu, seperti John Terry, Frank Lampard, dan Wayne Rooney. Akan tetapi, belum satu pun di antara mereka yang namanya melejit sebagai pelatih sepak bola.

Steven Gerrard tentu patut berbangga, mengingat dirinya berhasil mengantarkan Rangers menjuarai Liga Primer Skotlandia musim lalu. Kini, mereka pun membidik satu tempat di Liga Champions 2021-2022.

Mengawali semuanya dari fase kualifikasi, langkah Gerrard bersama Rangers jelas masih sangat panjang. Ini sebuah tugas sulit namun juga menantang bagi legenda hidup Liverpool tersebut.

Rangers dijadwalkan berjumpa HJK Helsinki atau Malmo, yang pastinya siap menjegal para bintang Ibrox menuju putaran grup Liga Champions musim depan.

Akan tetapi, Gerrard, seperti pelatih pada umumnya, mengaku optimistis dengan jalan yang mungkin terbentang di hadapannya nanti. Di sisi lain, ia juga sadar bahwa jalan tersebut pasti penuh kerikil dan sulit dilalui.

“Saya rasa tidak ada yang bisa memprotes peluang kami berada di Liga Champions,” ucap Gerrard kepada Sky Sports.

“Tapi pasti ada halangan hebat yang harus dilalui, antara Helsinki atau Malmo. Tentu ini akan jadi tantangan, namun kami pasti siap,” ucap ayah empat anak tersebut.

Enggan berpikir jauh-jauh terlebih dahulu, Gerrard pun mengatakan sebaiknya Rangers fokus dulu terhadap apa yang sudah menanti mereka. Jika sudah lewat, barulah memikirkan apa lagi yang ada di belakangnya.