Bola Internasional

Masih 'Hijau', Erling Haaland Dianggap Belum Pantas Dilabeli Kelas Dunia

Sabtu, 24 Juli 2021 21:55 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Prio Hari Kristanto
© Alex Grimm/Getty Images
Tidak seperti Kylian Mbappe, Erling Haaland, dinilai belum pantas dijuluki pemain kelas dunia. Copyright: © Alex Grimm/Getty Images
Tidak seperti Kylian Mbappe, Erling Haaland, dinilai belum pantas dijuluki pemain kelas dunia.

INDOSPORT.COM - Walau kariernya mengalami kemajuan pesat dalam dua musim terakhir, Erling Haaland dianggap belum sepenuhnya memenuhi kriteria striker kelas dunia. Bomber Borussia Dortmund asal Norwegia tersebut baru bisa disebut demikian apabila menambah isi gudang triknya.

Opini ini disuarakan oleh mantan penggawa timnas Jerman sekaligus eks bek Borussia Dortmund, Jurgen Kohler. Meski kesannya mengkritik, ia percaya Haaland punya potensi untuk sekedar jadi penyerang top.

Kohler membandingkan sang junior dengan Kylian Mbappe yang mentas lebih dahulu ke level atas. Baginya, pemain Paris Saint-Germain itu sudah bisa diklasifikasikan sebagai bintang kelas dunia karena punya banyak variasi dalam beraksi.

"Haaland belum pas disebut sebagai pemain papan atas. Saya tahu bakatnya memang besar, namun masih perlu pembuktian lebih lanjut," papar Kohler pada Ruhr Nachritchen.

"Masih ada yang bisa dipelajarinya. Di usia 21 tahun, Erling Haaland sudah berkembang begitu cepat. Itu luar biasa. Aku yakin sebentar lagi ia bisa jadi striker kelas dunia karena pengalaman bisa membantu," cetusnya.

"Kylian Mbappe adalah contoh kelas dunia. Ia tidak hanya mengandalkan kecepatan. Banyak yang bisa ia lakukan tanpa terlihat terburu-buru," tambah mantan pemain yang juga pernah berbaju Bayern Munchen dan Juventus tersebut.