Bola Internasional

Ada Wakil Asia, Deretan Tim yang Lolos Semifinal Gold Cup 2021

Senin, 26 Juli 2021 18:28 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Prio Hari Kristanto
© streamtelly
Qatar yang berstatus tim tamu bisa menjadi kejutan di Gold Cup 2021 setelah masuk semi final bersama dengan Amerika Serikat, Meksiko, dan Kanada. Copyright: © streamtelly
Qatar yang berstatus tim tamu bisa menjadi kejutan di Gold Cup 2021 setelah masuk semi final bersama dengan Amerika Serikat, Meksiko, dan Kanada.

INDOSPORT.COM - Ajang CONCACAF Gold Cup atau Piala Emas edisi 2021 sudah mencapai babak semi final. Empat tim terbaik yakni Amerika Serikat, Meksiko, Kanada, dan Qatar bakal berlomba jadi yang terbaik dalam turnamen antarnegara Amerika Utara yang digelar tiap dua tahun sekali ini.

Meksiko sang juara bertahan dari edisi 2019 lalu masih jadi unggulan teratas. El Tri lolos dari Grup A dengan poin tujuh hasil dari dua kali menang dan sekali imbang.

Anak-anak asuhan eks pelatih Barcelona, Gerardo 'Tata' Martino, sukses menggulung Honduras di babak perempat final dengan skor meyakinkan 3-0. Bomber naturalisasi asal Argentina, Rogelio Funes Mori, turut menyumbang satu gol dan membuat kariernya bersama Meksiko kini bercatatkan empat gol dari lima caps saja.

Amerika Serikat yang selalu jadi rival Meksiko juga tampil oke sejak fase grup. Walau tanpa bintang-bintang utama seperti Weston McKennie atau Christian Pulisic yang absen karena sudah berlaga di ajang Nations League, The Stars and Stripes tetap tampak adikuasa di edisi kali ini.

Dimotori playmaker milik Seattle Soundsers, Christian Roldan, skuat besutan Gregg Berhalter menyapu bersih Grup A dengan tiga kemenangan. Di delapan besar AS kemudian membekuk Jamaika dengan skor tipis 1-0.

Kanada yang sudah lebih dari dua dekade tidak menjadi kampiun Gold Cup kali ini punya peluang mengakhiri puasa gelar. Mereka lolos ke semi final setelah membungkam tim yang lebih diunggulkan, Kosta Rika, dengan dua gol tanpa balas.

Tim berjuluk Les Rouges itu menggabungkan materi seadanya pemain-pemain dari liga lokal maupun liga gurem dunia. Satu-satunya yang berasal dari kompetisi top Eropa hanyalah penyerang muda Wolverhampton Wanderers, Theo Corbeanu, yang masih berusia 19 tahun. Meski demikian, manajer John Herdman terbukti sukses dengan racikan skemanya.