Bola Internasional

Korea Utara Mundur di Kualifikasi Piala Asia U-23, Timnas Indonesia Kena Dampak

Jumat, 30 Juli 2021 16:11 WIB
Penulis: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji | Editor: Yosef Bayu Anangga
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Korea Utara Mundur di Kualifikasi Piala Asia U-23, Timnas Indonesia Kena Dampak. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Korea Utara Mundur di Kualifikasi Piala Asia U-23, Timnas Indonesia Kena Dampak.

INDOSPORT.COM - Timnas Korea Utara baru saja memutuskan mundur dari ajang Kualifikasi Piala Asia U-23 2022 yang akan digelar pada 23 hingga 31 Oktober 2021 mendatang.

Kabar mundurnya Korea Utara di Kualifikasi Piala Asia U-23 2022 dikonfirmasi oleh laman resmi Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) pada Jumat (30/07/21). Hal itu membuat timnas Indonesia ikut terkena dampak.

Seperti diketahui, Korea Utara seharusnya tergabung di Grup K bersama Jepang dan Kamboja. Karena mundur, Grup K hanya berisikan dua peserta dan AFC akan mencari pengganti Korea Utara lewat undian pada 11 Agustus 2021 mendatang.

Dalam undian tersebut, AFC bakal memilih satu tim dari Grup G hingga J agar Grup K yang dihuni Jepang dan Kamboja bisa berisikan tiga tim.

Namun hanya delapan tim saja yang akan menjalani undian yaitu Grup G (Brunei, China), H (Timor Leste, Filipina), I (Myanmar, Hong Kong), dan J (Malaysia, Laos).

Timnas Indonesia sendiri yang telah masuk ke dalam Grup G memang tidak ikut dalam undian. Bukan tanpa asalan, hal itu karena Indonesia telah ditunjuk sebagai tuan rumah Grup G.

AFC tidak memasukan negara-negara yang ditunjuk menjadi tuan rumah dari Grup G hingga J agar tidak mengganggu persiapan mereka untuk menggelar pertandingan.

Sementara itu, dampak mundurnya Korea Utara bagi timnas Indonesia yaitu mereka bakal kehilangan satu lawan antara Brunei Darussalam dan China. 

Bila China terpilih sebagai pengganti Korea Utara, maka timnas Indonesia diuntungkan karena misi mereka tinggal mengalahkan Brunei Darussalam dan Australia demi lolos ke babak berikutnya.