Ngakak! Brylian Aldama Putar Otak Terkait Urusan Buang Air Besar di Kroasia

Sabtu, 31 Juli 2021 15:45 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Sebagai pesepak bola asal Indonesia yang merantau ke Kroasia, Brylian Aldama, harus beradaptasi dengan lingkungan dan budaya sekitarnya.

Salah satu budaya yang bertolak belakang antara Indonesia dan Kroasia, yakni tata cara untuk membersihkan tubuh usai buang air besar (BAB), atau kerap disebut cebok.

Sebagai negara maritim, Indonesia memiliki ketersediaan air yang melimpah, sehingga untuk cebok biasanya menggunakan air mengalir.

Namun di Eropa, khususnya Kroasia, warga setempat memilih menggunakan tisu untuk membersihkan tubuhnya setelah buang air besar.

Jika sudah terbiasa di Indonesia, budaya cebok dengan tisu tentu akan tak nyaman dan terasa kurang bersih. Hal itulah yang dirasakan Brylian Aldama di Kroasia.

Maka, saat Youtuber Roy Ricardo bertanya soal adaptasi di Kroasia, Brylian Aldama blak-blakan bahwa ia harus membuat inovasi agar bisa cebok dengan nyaman.

"Kita beli botol, terus dilubangi gitu, jadi disemprot gitu (ke area bokong). Daripada pakai tisu, kurang bersih," curhat Brylian Aldama.

"Kalau lagi di luar rumah, bagaimana?" tanya Roy Ricardo yang bertindak sebagai host dari Youtube KR TV miliknya.

"Ya itu dia masalahnya, tapi kita sebelum keluar diusahakan buang air besar dulu lah," tukas Brylian sembari tertawa.