Liga Indonesia

Apa Kabar Frans Setiabudi? Legenda Hidup yang Promosikan Persis Solo ke Penjuru Dunia

Selasa, 3 Agustus 2021 20:43 WIB
Kontributor: Nofik Lukman Hakim | Editor: Herry Ibrahim
© Dok Frans Setiabudi
Frans Setiabudi (merah) saat jadi koordinator sepak bola  kru kapal di luar negeri. Copyright: © Dok Frans Setiabudi
Frans Setiabudi (merah) saat jadi koordinator sepak bola kru kapal di luar negeri.
Promosikan Persis Solo

Lalu, apa kabar Frans Setiabudi sekarang? Kepada INDOSPORT, Frans pun bercerita tentang aktivitas setelah tak lagi mempromosikan Persis Solo ke penjuru dunia.

"Setelah pensiun sebagai kru kapal, saya semakin rutin bermain sepak bola. Main sama teman-teman di Solo, termasuk salah satunya di Lapangan Kartopuran, juga dengan TNH," ucap Frans.

"Barulah pada November 2020 lalu, saya tidak lagi melakukan aktivitas berkerumun, termasuk sepak bola. Sebagai ganti saya main bola sendiri di tempat sepi," lanjut Frans.

Frans mengaku tak bisa jauh dari sepak bola. Bahkan selama 40 tahun jadi kru kapal, dia malah aktif menebar spirit sepak bola. Frans menjadi koordinator untuk kru kapal bermain sepak bola, tiap kapal bersandar di sebuah negara.

"Jaman dulu kru kapal sekitar 300 sampai 600 orang. Masa dari jumlah itu cari 20 orang saja tidak biasa? Akhirnya saya yang jadi motornya. Berada di negara mana pun senang karena bisa main bola dibiayai perusahaan, mulai dari sepatu, kaos, transportasi," jelas Frans.

Ketika bermain sepak bola, Frans jelas menjadi andalan timnya. Dalam satu tim itu para pemainnya berasal dari berbagai negara, mulai Asia, Amerika hingga Eropa. Dia kerap bermain sepak bola dengan jersey Persis Solo yang dibawanya dari Indonesia.

"Kalau pakai jersey Persis, banyak yang tanya, ini jersey klub mana?, ya saya jawab ini klub saya, dari Solo, tempat saya lahir dan dibesarkan," paparnya.

Frans sudah rindu bermain sepak bola lagi. Frans yang kini berusia 75 tahun berharap situasi segera membaik dan dirinya bisa bermain sepak bola bersama rekan-rekannya.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
100%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%