Bola Internasional

Ko Itakura, Prospek Manchester City yang Digaet Klub Degradasi Bundesliga

Jumat, 20 Agustus 2021 17:05 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Masashi Hara/Getty Images
Pemain Jepang milik Manchester City, Ko Itakura. Copyright: © Masashi Hara/Getty Images
Pemain Jepang milik Manchester City, Ko Itakura.
Siapa Ko Itakura

Ko Itakura lahir di Yokohama pada 27 Januari 1997 dan memulai kariernya sebagai pemain muda di klub Jepang, Kawasaki Frontale.

Di tempat inilah kemudian permainan dan skill sepak bolanya diasah, meski sempat keluar sebagai pinjaman ke klub lain. Ia memenangkan gelar J1 League pada 2017 dan mendapat panggilan ke Timnas Jepang U-20.

Pada Januari 2019, ia direkrut oleh Manchester City, namun langsung dipinjamkan ke Groningen satu hari kemudian. Ko Itakura menghabiskan dua setengah tahun berlaga di Eredivisie Belanda dengan menorehkan total 56 penampilan.

Bahkan musim lalu, ia tidak melewatkan satu menit pun bertanding di ajang liga. Nampaknya, masa pinjamannya ke Groningen membuahkan bekal yang cukup lumayan baginya untuk kembali ke Manchester City.

Ketika pertama datang, Ko Itakura sejatinya adalah prospek masa depan Manchester City yang membutuhkan regenerasi di skuat mereka, ketika saat itu Vincent Kompany dan Nicolas Otamendi sudah memasuki masa senja kariernya.

Ia juga seorang pemain versatile alias serbabisa, yang mana sesuai dengan filosofi permainan Pep Guardiola. Hanya saja, ia masih butuh beberapa kali tempaan agar bisa jadi bintang di Manchester City.

Setelah ‘bersekolah’ di Groningen, kini ia menjajaki ajang Bundesliga Jerman bersama Schalke 04. Rapornya pun pasti akan sangat dinanti oleh Pep Guardiola.

Di level Timnas, Ko Itakura punya nama yang juga mentereng di seluruh kelompok umur dan di tim senior. Di Olimpiade Tokyo 2020, ia tidak pernah absen di setiap pertandingan Jepang dan membantu timnya ini finis di peringkat keempat.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%