In-depth

Willian dan Kisahnya yang Tak Pernah Manis Bersama Arsenal

Selasa, 31 Agustus 2021 15:15 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© David Price/Arsenal FC via Getty Images
Willian saat masih berseragam klub Liga Inggris, Arsenal. Copyright: © David Price/Arsenal FC via Getty Images
Willian saat masih berseragam klub Liga Inggris, Arsenal.

INDOSPORT.COM - Willian dan klub Liga Inggris, Arsenal, memilih berpisah jalan setelah keduanya sepakat melakukan pemutusan kontrak.

Menyusul kesepakatan tersebut, Willian pun merapat ke mantan klubnya dulu di Brasil, Corinthians, di bursa transfer pemain kali ini. Padahal sejatinya, ia masih punya kontrak sampai tahun 2024 di Emirates.

Namun apa mau dikata, kisahnya bersama Arsenal harus berakhir lebih cepat. Didatangkan dari Chelsea pada 2020, pemain bernama lengkap Willian Borges da Silva ini praktis hanya bertahan satu musim membela The Gunners.

Ya, satu musim memang bukan waktu yang cukup bagi Willian untuk menggondol gelar-gelar bergengsi bersama Arsenal, apalagi dengan kondisi klub belakangan ini yang cukup memprihatinkan.

Namun terlepas dari itu, cerita Willian bersama klub Liga Inggris asal London ini tidak pernah manis sejak awal.

Seperti diketahui, selama ini Willian memang dikenal sebagai seorang pemain veteran yang harusnya bisa jadi mentor dan pembimbing para juniornya di Arsenal.

Akan tetapi, dari segi kontribusi untuk skuat Mikel Arteta, sosok yang kini berusia 33 tahun tersebut tidak mampu bicara banyak. Sumbangsih gol maupun assist-nya cukup minim meski berstatus pemain kaya pengalaman.

Willian yang awalnya bisa diproyeksikan sebagai contoh para pemain muda Arsenal, justru kalah saing dari para juniornya tersebut. Mikel Arteta pun diketahui sudah jarang memberinya kepercayaan untuk bermain.

Lalu, selain performa yang tidak sesuai ekspektasi, Willian juga harus memikul beban dan tanggung jawab yang lumayan karena besaran gaji yang ia terima. Per pekan, ia dibayar 240 ribu pounds atau sekitar Rp4,7 miliar.

Musim lalu, Willian tampil sebanyak 37 kali di semua kompetisi dengan hanya menyumbang satu gol. Tidak heran, apabila banyak orang mulai mempertanyakan kelayakan gaji yang ia terima di Arsenal saat ini.

Sebelum putus kontrak dengan Arsenal, Willian pun kabarnya juga sudah ditawar-tawarkan ke klub lain yang mungkin berminat menggunakan jasanya. Bisa dibilang, ia harus dilepas cepat di bursa transfer kali ini.

Sampai akhirnya, pencarian tersebut berlabuh pada Corinthians, klub masa kecil yang pernah ia bela selama sembilan tahun. Di klub Brasil ini, Willian diikat kesepakatan yang akan kedaluwarsa pada Desember 2023.