Bola Internasional

UEFA Kebakaran Jenggot dengan Ide Gila FIFA dan Arsene Wenger

Sabtu, 4 September 2021 13:16 WIB
Penulis: Ilham Oktafian | Editor: Prio Hari Kristanto
© AFP
Presiden UEFA Aleksander Ceferin kebakaran jenggot dengan rencana FIFA dan Arsene Wenger yang merencakan Piala Dunia digelar saban dua tahun sekali. Copyright: © AFP
Presiden UEFA Aleksander Ceferin kebakaran jenggot dengan rencana FIFA dan Arsene Wenger yang merencakan Piala Dunia digelar saban dua tahun sekali.

INDOSPORT.COM - Presiden UEFA Aleksander Ceferin kebakaran jenggot dengan rencana FIFA dan Arsene Wenger yang merencanakan Piala Dunia digelar saban dua tahun sekali.

Arsene Wenger memang lagi getol-getolnya mengkampanyekan Piala Dunia dua tahun sekali. Ia yang bertugas sebagai Kepala Pengembangan Sepakbola Global FIFA mempunyai alasan tersendiri dibalik ide tersebut.

Selain memberi tontonan yang berkualitas, eks pelatih Arsenal itu berpandangan jika para pemain akan mempunyai kalender kompetisi yang lebih ringkas lantaran babak kualifikasi tak perlu dijalankan dalam periode yang panjang.

"Tujuannya adalah untuk terus meningkatkan kualitas permainan dengan meningkatkan frekuensi turnamen papan atas, yang juga akan membawa perbaikan paralel dalam aturan main," ujar Sang Profesor pada L'Equipe.

Ide Wenger juga bertujuan agar para pemain yang bertugas membela negaranya lebih punya banyak waktu di klub. Pasalnya, jika piala dunia digelar tiap dua tahun sekali maka jeda internasional hanya berlangsung singkat.

“Ide besar untuk memulainya adalah mengadakan semua pertandingan kualifikasi selama dua jeda internasional, pada bulan Oktober dan Maret, untuk visibilitas yang lebih besar di kalender, untuk membuatnya lebih mudah bagi klub dan agar ada lebih sedikit masalah yang harus diselesaikan untuk tim nasional,” jelasnya.

Meski ide tersebut baru bisa diaplikasikan setelah Piala Dunia 2026, namun apa yang dicanangkan Wenger mendapat reaksi keras dari Presiden UEFA Aleksander Ceferin.