Bola Internasional

Selain 11-0, Ini 3 Kemenangan Besar-besaran Liverpool Sepanjang Sejarah

Selasa, 7 September 2021 13:15 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© PAUL ELLIS/AFP/Getty Images
Klub Liga Inggris, Liverpool, juga pernah merasakan sejumlah kemenangan besar-besaran sepanjang sejarah mereka berdiri. Copyright: © PAUL ELLIS/AFP/Getty Images
Klub Liga Inggris, Liverpool, juga pernah merasakan sejumlah kemenangan besar-besaran sepanjang sejarah mereka berdiri.

INDOSPORT.COM - Klub Liga Inggris, Liverpool, juga pernah merasakan sejumlah kemenangan besar-besaran sepanjang sejarah mereka berdiri.

Selain menang 11-0 melawan Stromsgodset di ajang European Cup Winners' Cup pada 1974-1975 saat era kepelatihan Bob Paisley, klub asal Merseyside ini juga tercatat beberapa kali membabat habis lawan yang dihadapinya.

Salah satunya saat melawan Rotherham Town pada tahun 1896. Pada waktu itu, Liverpool asuhan John McKenna memenangkan laga dengan skor akhir 10-1.

Hasil ini sebenarnya tidaklah mengherankan, mengingat saat itu Liverpool memang unggul untuk urusan materi pemain. Sementara itu, kubu lawan sedang berada dalam kondisi lemah, baik secara teknis maupun finansial.

Malcolm McVean tampil sebagai pembuka keunggulan Liverpool lewat golnya pada menit ke-8. Namun bukan hanya satu, tidak berapa lama ia kembali menyobek gawang Rotherham Town pada menit ke-9.

Kesuksesan beruntun ini pun langsung membuat skuat asuhan John McKenna unggul instan 2-0 meski laga terbilang baru saja dimulai.

Liverpool tampil makin ganas dengan mencetak gol lagi lewat George Allan, Jimmy Ross, dan Malcolm McVean. Selama 18 menit laga berlangsung, skor sudah 5-0 saja.

Rotherham Town nampaknya tidak dapat berbuat banyak untuk menyelamatkan muka mereka dari rasa malu. Jimmy Ross lagi-lagi mencatatkan namanya di papan skor berikut dua rekannya yang lain.

Adalah George Allan, bintang dalam laga tersebut, yang mencatatkan hattrick. Lalu ada pula Frank Becton dengan sumbangan satu golnya.

Laga Second Division yang digelar pada tanggal 18 Februari 1896 itu pun ditutup dengan kemenangan Liverpool 10-1 atas Rotherham Town.