In-depth

Takehiro Tomiyasu, Rekrutan Terbaik Arsenal di Bursa Transfer Musim Panas Ini?

Rabu, 15 September 2021 14:05 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
© Mario Carlini / Iguana Press/Getty Images
Takehiro Tomiyasu saat masih membela Bologna Copyright: © Mario Carlini / Iguana Press/Getty Images
Takehiro Tomiyasu saat masih membela Bologna
Tampil Lebih Baik Dibanding Rekrutan Lain yang Lebih Mahal

Seperti diketahui, kinerja lini belakang Arsenal memang terbilang bobrok awal musim ini. Sebelum kedatangan Takehiro Tomiyasu, gawang The Gunners bobol 9 kali dalam 3 laga, yakni masing-masing 2 gol saat bertemu Brentford dan Chelsea, serta 5 gol saat berjumpa Manchester City.

Laga melawan Norwich yang menjadi debut Tomiyasu pun menjadi kali pertama Arsenal meraih cleansheet di Liga Inggris musim ini. Dan hasil ini pun tidak lepas dari peran penting sang bek Jepang.

Tomiyasu tercatat melakukan 2 clearance, atau terbaik kedua di jajaran pemain Arsenal. Ia juga memenangi 10 duel, 7 di antaranya merupakan duel udara.

Sementara itu dalam sisi penyerangan, sang bek kanan melepaskan 2 tembakan dengan salah satunya nyaris berbuah gol. Hebatnya lagi, semua statistik itu ia catatkan dengan hanya tampil 60 menit.

Sektor lini bek kanan memang menjadi kelemahan Arsenal awal musim ini seiring buruknya kinerja Cedric Soares serta diparkirnya Hector Bellerin sebelum dilepas ke Real Betis. Namun, Tomiyasu berhasil menjadi solusi yang baik untuk menambal lubang tersebut.

Tomiyasu sendiri memang tampil gemilang sejak masih memperkuat Bologna. ESPN menyebut rataan tekel, duel, dan intersepnya sepanjang musim lalu adalah yang terbaik jika dibandingkan dengan bek-bek Arsenal lainnya.

Di sisi lain, kemampuannya untuk bermain di dua posisi yakni bek kanan dan bek tengah akan sangat membantu Mikel Arteta dalam menyusun lini belakang.

Menilai Tomiyasu hanya dari satu laga memang bisa dibilang terlalu cepat. Meski demikian, patut diakui penampilannya memang lebih baik daripada rekrutan anyar Arsenal lainnya. Apalagi, banderolnya yang  hanya mencapai 16 juta pounds (Rp315 miliar) terbilang murah.

Ben White, yang diboyong Arsenal dengan 50 juta pounds, belum menunjukkan performa yang memuaskan dan gagal menyelamatkan The Gunners dari kekalahan saat melawan Brentford di laga debutnya.

Sementara itu, Albert Sambi Lokonga dan Nuno Tavares tak menunjukkan penampilan yang menonjol. Di sisi lain, Martin Odegaard yang datang dengan biaya 30 juta pounds belum mencetak 1 pun gol atau assist di Liga Inggris. Ia baru mengoleksi 1 assist di Piala Liga Inggris saat berjumpa West Brom.

Dari deretan pemain anyar Arsenal, hanya Aaron Ramsdale yang menyuguhkan performa yang sama apiknya dengan Tomiyasu. Kiper yang dibeli dengan harga 25 juta pounds itu selalu meraih cleansheet dari 2 laga yang ia jalani, masing-masing di Liga Inggris dan Piala Liga.

Dengan harga yang lebih murah daripada Ramsdale, patutlah Tomiyasu dianggap sebagai pembelian terbaik Arsenal di musim panas untuk saat ini.

Meski demikian, patut ditunggu akan seperti apa performanya di laga-laga berikut, dan apakah para rekrutan anyar yang lain sanggup meningkatkan performa mereka untuk merebut gelar tersebut.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
100%