In-depth

Pemain Bintang Pergi, Bukan Hanya Barcelona dan Juventus yang Terseok-seok

Jumat, 24 September 2021 19:15 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Catherine Ivill/NurPhoto/GettyImages
Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo saat masih berseragam klub lawasnya, Barcelona dan Juventus. Copyright: © Catherine Ivill/NurPhoto/GettyImages
Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo saat masih berseragam klub lawasnya, Barcelona dan Juventus.

INDOSPORT.COM - Barcelona bukan satu-satunya klub yang menderita usai ditinggal Lionel Messi, begitu pula Juventus yang kehilangan Cristiano Ronaldo.

Seperti diketahui, musim lalu dua megabintang sepak bola ini sama-sama meninggalkan klub tempat mereka bernaung. Kepindahan La Pulga maupun CR7 pun bisa dibilang fenomenal dengan sensasi dan dramanya masing-masing.

Kasus paling fenomenal serta dramatis pun terjadi pada Lionel Messi yang meninggalkan Barcelona setelah belasan tahun berseragam klub asal Catalunia tersebut. Ia bahkan pertama kali menginjakkan kaki di sana ketika masih anak-anak.

Messi bisa saja berakhir sebagai legenda Blaugrana yang ditakdirkan hanya membela satu klub seumur hidupnya. Akan tetapi, hal tersebut hanya berakhir sebagai angan-angan semata setelah kepindahannya ke PSG.

Selepas Messi pergi, Barcelona nampak kesulitan beradaptasi tanpa kehadiran sang megabintang, belum lagi ditambah persoalan internal mereka yang seperti tidak ada habisnya.

Di sisi lain, LaLiga Spanyol juga jadi omongan publik sepak bola, di mana sebagian mereka menyebut kompetisi ini sudah kehilangan popularitas karena sudah tidak ada Ronaldo (Real Madrid) lalu ditinggal pula oleh Messi.

Sepak terjang Barcelona di LaLiga Spanyol usai kepergian Messi pun terlihat makin melempem, apalagi beberapa waktu terakhir.

Setelah ditekuk Bayern Munchen 0-3 di Liga Champions, mereka imbang 1-1 melawan Granada, dan yang terakhir ditahan 0-0 oleh Cadiz. Padahal, dua tim lawan mereka ini adalah penghuni papan bawah klasemen.

Di sisi lain, Juventus juga kelabakan usai ditinggal Cristiano Ronaldo yang pulang ke Manchester United. Laga-laga awal mereka musim ini tidak berjalan mulus hingga menjadi bahan gunjingan banyak orang.

Termasuk buntut kekalahan kontra tim promosi, Empoli, di Serie A Liga Italia, alhasil Bianconeri saat ini menghuni peringkat 12 klasemen sementara. Sungguh pemandangan yang tidak biasa bagi tim sekelas Juventus.