Liga Spanyol

Barcelona Dituding Sering Jadikan Pemain dan Pelatih Asing Kambing Hitam

Senin, 11 Oktober 2021 20:40 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Prio Hari Kristanto
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Manajer tim nasional Belanda sekaligus mantan pelatih Barcelona, Louis van Gaal, turut prihatin dengan kesulitan yang kini diderita mantan klub asuhannya. Meski demikian ia merasa jika Los Cules terlalu mudah menyalahkan manajer atau pemain asing bila terjadi krisis dalam tubuh mereka.

Van Gaal berkata tersebut tentu untuk membela kompatriotnya sesama pelatih asli Belanda, Ronald Koeman, yang belakangan ini semakin sering dituding sebagai biang keterpurukan Barcelona. Menurutnya situasi yang ada di Camp Nou terkini terlalu dibesar-besarkan media.

Mengingat Barcelona juga punya banyak pemain berlabel De Oranje seperi Luuk de Jong, Frenkie de Jong, dan Memphis Depay, Van Gaal juga memperingatkan ketiganya untuk waspada. Kesalahan kecil bisa membuat ketiganya jadi kambing hitam selanjutnya.

"Jika keadaan sedang baik-baik saja maka di Barcelona tidak perlu ada yang dikhawatirkan. Contohnya Frenkie dalam dua musim terakhir tampil bagus dan jadi pemain penting," papar Van Gaal seperti yang dikutip dari AS.

"Akan tetapi jika ada krisis maka perhatian akan langsung tertuju pada legiun asing. Dalam kasus sekarang kebetulan pelatih mereka juga orang Belanda. Aku bicara berdasarkan pengalaman dan sejarah bisa terulang,"

"Kurasa baik Frenkie, Luuk, Ronald, dan Memphis akan bisa bertahan. Saat ini mereka melakukan apa yang mereka bisa. Terutama Memphis, aku tidak pernah punya penyerang yang mau bekerja sekeras dia," tambah juru taktik veteran berusia 70 tahun tersebut.