Bola Internasional

Asnawi Ungkap Latihan Fisik Ala Korea: Kalau di Indonesia Suka Minta Diskon

Rabu, 20 Oktober 2021 12:21 WIB
Penulis: Martini | Editor: Isman Fadil
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Asnawi Mangkualam mengungkap bagaimana latihan fisik untuk pemain sepak bola di Korea Selatan, yang jauh berbeda level dengan di Indonesia.

Tentu banyak yang sudah mengetahui jika Asnawi Mangkualam merupakan pesepak bola muda asal Indonesia, yang direkrut oleh tim Korea Selatan, Ansan Greeners.

Tak hanya kualitas Asnawi yang menjadi harapan bagi tim Ansan Greeners, namun popularitas pesepak bola 22 tahun itu juga diakui sangat membantu kelangsungan tim.

Seperti baru-baru ini, Asnawi diliput oleh televisi lokal, SBS Korea. Pada kesempatan itu, Asnawi menyebutkan perbedaan menu latihan antara Korea Selatan dan Indonesia.

"Kalau di Korea, kami banyak latihan fisik dan mental, sementara di Indonesia, lebih banyak latihan teknik sih," jelas Asnawi.

Kemudian, Asnawi juga sempat kedatangan Youtuber asal Korea yang fasih berbahasa Indonesia, yakni Jang Hansol, pemilik akun Korea Reomit dengan 4,75 juta subscriber.

Kala itu, eks pemain PSM Makassar itu pun memaparkan seperti apa stamina pemain Indonesia, jika dituntut untuk latihan fisik.

"Contohnya kalau latihan fisik di Korea ya, kita sudah capek, tapi tetap harus latihan sampai batas maksimal. Sampai ujung tanduk baru disuruh berhenti," ucap Asnawi.

"Itu juga salah satu bentuk latihan mental kan," ujar pemain asal Makassar tersebut.