Liga Indonesia

PSSI Lakukan Investigasi Kinerja Wasit di Liga 1 dan Liga 2

Rabu, 20 Oktober 2021 18:13 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Prio Hari Kristanto
© stmed.net/Wikipedia
PSSI bergerak cepat dengan banyaknya keputusan-keputusan kontroversial dari wasit di Liga 1 dan Liga 2. Copyright: © stmed.net/Wikipedia
PSSI bergerak cepat dengan banyaknya keputusan-keputusan kontroversial dari wasit di Liga 1 dan Liga 2.

INDOSPORT.COM - PSSI bergerak cepat dengan banyaknya keputusan-keputusan kontroversial dari wasit di Liga 1 dan Liga 2. PSSI pun menugaskan Ahmad Riyadh selaku Ketua Komite Wasit untuk melakukan evaluasi terhadap kinerja wasit itu.

Ahmad Riyadhb yang mendapat amanat ini pun mengaku tak segan-segan bila memang ditemukan pelanggaran. Dia akan mengevaluasi wasit-wasit yang menjadi sorotan.

"Kami akan melakukan evaluasi untuk perangkat pertandingan. Jika ditemukan ada kesalahan, PSSI tentu akan memberikan sanksi sesuai dengan tingkatannya," ujar Riyadh.

Menurut Riyadh, yang dimaksud dengan kesalahan sesuai dengan tingkatannya ialah kesalahan kategori sedang akan diistirahatkan selama beberapa laga. Kesalahan berat akan diturunkan menjadi wasit Liga 2. Bahkan jika kesalahannya sangat fatal akan diberhentikan.

"Kesalahan fatal ini jika tindakan wasit ini bisa mengubah pertandingan. Misal seharusnya kedudukan 1-1, tetapi karena kesalahan wasit bisa menjadi 2-1. PSSI ingin agar semua wasit yang bertugas di Liga 1 dan 2 lebih fokus sehingga tidak ada kesalahan elementer yang kemudian menjadi respons negatif dari klub, nitizen, sponsor, bahkan pemerintah,’’ imbuh anggota Exco PSSI.

"Masih banyak lagi keputusan wasit yang akan kita investigasi. Itu hanya salah satu contoh. Pada saatnya nanti kita akan memberikan keputusan kepada wasit-wasit yang dianggap melakukan kesalahan,’" tutup Riyadh.