Liga Indonesia

Liga 1: Ini Alasan Robert Alberts Sering Turunkan Esteban Vizcarra

Kamis, 4 November 2021 07:12 WIB
Kontributor: Arif Rahman | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Arif Rahman/INDOSPORT
Gelandang Persib Bandung, Esteban Vizcarra, sering dimainkan Robert Alberts di Liga 1 2021-2022. Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Gelandang Persib Bandung, Esteban Vizcarra, sering dimainkan Robert Alberts di Liga 1 2021-2022.

INDOSPORT.COM - Esteban Vizcarra menjadi salah satu pemain yang sering mendapat kesempatan bermain pada pertandingan kompetisi BRI Liga 1 2021-2022 - hingga memasuki pekan ke-10 dia sudah tampil dalam sembilan laga.

Pada enam pertandingan, Vizcarra masuk dalam starting eleven dan tiga laga lainnya pemain naturalisasi ini diturunkan sebagai pengganti. Dari sembilan laga, ia mengumpulkan 525 menit bermain.

Pelatih Persib, Robert Rene Alberts, menilai meski usai Esteban Vizcarra sudah tidak muda lagi, namun dia masih layak mendapatkan tempat.

Lantaran, pemain berusia 35 tahun ini performanya masih bagus, walaupun sempat mengalami cedera dan harus menjalani operasi.

"Esteban adalah pemain berkualitas namun mengalami cedera parah dua tahun lalu dan butuh waktu lama untuk kembali pulih. Tapi dia adalah pemain yang profesional, dan dia pantas mendapat menit bermain," kata Robert Alberts.

Robert Alberts menambahkan, kehadiran Esteban Vizcarra di dalam lapangan bisa mempengaruhi performanya skuat Maung Bandung.

Pasalnya, dengan kualitas dan pengalamannya yang dimilikinya, dia bisa menguasai bola dan memberikan umpan yang bagus kepada rekan-rekannya.

Selain itu, saat penampilan Esteban Viscarra mulai menurun, tim kebanggaan Bobotoh masih memiliki pemain pengganti yang kualitasnya tidak jauh berbeda bahkan memiliki karakter permainan lebih cepat, di antaranya Frets Butuan dan Erwin Ramdani.

"Dia juga berpengaruh pada permainan tim karena bisa menahan bola, melepas operan ke area yang sempit dan kami juga punya pengganti yang bagus ketika permainan dia mulai melambat," ungkapnya.

Selama ini, menurut Robert Alberts, tim pelatih Persib berusaha untuk membantu Esteban Vizcarra mengembalikan performanya. Salah satunya, dengan menurunkan berat badan, hal itu juga berlaku bagi pemain Persib lainnya.

"Jadi dia juga nampak turun berat badannya karena kami punya program latihan yang bagus, pemain tahu apa yang harus mereka makan dan itu harus mereka perhatikan," jelasnya.