Bola Internasional

Viral! Netizen India Protes Usai Keberhasilan Malaysia Lolos Piala Asia U-23 dan Sebut AFC Tak Adil

Kamis, 4 November 2021 16:30 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Subhan Wirawan
© AsianCup2023
Timnas Malaysia U23 lolos ke Piala Asia U23 2022 Uzbekistan Copyright: © AsianCup2023
Timnas Malaysia U23 lolos ke Piala Asia U23 2022 Uzbekistan

INDOSPORT.COM – Keberhasilan Timnas Malaysia U-23 untuk memastikan tempat di turnamen Piala Asia U23 2022 di Uzbekistan diwarnai dengan protes netizen India terhadap AFC di dunia maya.

Skuat Malaysia besutan Brad Maloney memastikan tiket ke Piala Asia U23 202 yang digelar di Uzbekistan usai bermain imbang kontra Thailand di laga terakhir kualifikasi.

Bermain di MFF Football Centre, Ulaanbaatar, Mongolia, Minggu (31/10/21) siang WIB, kedua tim bermain imbang tanpa gol.

Sebelumnya, Malaysa juga menang atas Laos dan Mongolia dengan skor kembar 1-0. Dengan hasil tersebut, Timnas U-23 Malaysia memuncaki klasemen Grup J dengan koleksi 7 poin dari 3 laga.

Hasil ini sekaligus membuat Malaysia menjadi negara Asia Tenggara pertama yang lolos ke putaran final.

Pencapaian Malaysia muda ini pun mendapatkan ucapan selamat dari pihak AFC (Asian Football Confederation), melalui sebuah postingan di Twitter.

“Selamat Malaysia sudah memastikan tempat di putaran final Piala Asia U23 2022. Sampai jumpa lagi di Uzbekistan,” tulis AFC.

Anehnya, unggahan AFC tersebut malah mendapat ribuan komentar dari pendukung timnas India yang menyoroti adanya ketidak adilan dalam peraturan AFC pada  turnamen tersebut.

Seorang akun di Twitter dengan nama @Ric321Ric menyatakan bahwa sistem yang digunakan AFC sebenarnya tidak berdasarkan prestasi. Di sisi lain, ini lebih bersifat politis dan minyak.

“@theafcdotcom yang memalukan karena divisi Timur Barat @IndianFootball tidak lolos tetapi tim yang tidak memiliki peluang melawan India dari Timur lolos. #Sepak Bola India tertinggal karena sistem konyol AFC yang tidak didasarkan pada prestasi tetapi Politik & Minyak,” tulis akun Ric32Ric.

Bukan tanpa sebab, kemarahan netizen India tersebut muncul akibat frustasi lantaran timnas India U23 gagal lolos ke putaran final Piala Asia U23 22.

Sejumlah Netizen mengklaim bahwa AFC membuat peluang India terhalang saat menghadapi tim dari Timur Tengah.