Bola Internasional

Dikritik Sudah Kalah Level dari Timnas Indonesia, Ini Respons Pelatih Malaysia

Rabu, 10 November 2021 03:04 WIB
Penulis: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji | Editor: Yosef Bayu Anangga
© Allsport Co./Getty Images
Dikritik Sudah Kalah Level dari Timnas Indonesia, Ini Respons Pelatih Malaysia. Copyright: © Allsport Co./Getty Images
Dikritik Sudah Kalah Level dari Timnas Indonesia, Ini Respons Pelatih Malaysia.

INDOSPORT.COM - Jelang bersua timnas Indonesia di Piala AFF pada Desember 2021 mendatang, pelatih Malaysia mendapatkan kritik dari para penggemar dan sejumlah pengamat.

Kritikan dari para penggemar hingga sejumlah pengamat datang setelah rentetan hasil negatif timnas Malaysia di bawah asuhan Tan Cheng Hoe.

Pada 2021 ini, timnas Malaysia sempat menderita kekalahan dari Uzbekistan (1-5), Jordania (0-4), Vietnam (1-2), Uni Emirate Arab (0-4), dan Bahrain (0-2). Mereka hanya sekali menang saat bersua Thailand (2-1) dalam ajang Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Rentetan hasil buruk tersebut membuat fans geram dan menganggap kalau taktik 4-3-3 yang digunakan oleh Tan Cheng Hoe sangatlan tidak cocok.

Bahkan jelang Piala AFF pada Desember 2021 mendatang, skuat Negeri Jiran dinilai bakal kalah bila berhadapan dengan timnas Indonesia.

Pasukan Shin Tae-yong sendiri telah menujukan perkembangan yang pesat bahkan sempat melejit 10 peringkat di ranking FIFA.

Sementara itu, Tan Cheng Hoe langsung memberikan jawaban setelah mendengar sejumlah kritikan keras. Dilansir dari nst.com.my, ia menjelaskan alasan menggunakan formasi 4-3-3.

"Saya pikir kritik itu bagus, tapi kami perlu melihat apakah kami memiliki pemain yang dapat bermain di posisi tertentu dan kami juga perlu melihat dan meninjau apakah kami memiliki kualitas dalampermainan (dengan format baru)," ujar Tan Cheng Hoe.

"Mungkin pandangannya karena mereka (pengkritik) melihat EPL (Liga Premier Inggris), Liga Italia atau bahkan Liga Spanyol."

"Jadi mereka akan membuat perbandingan, tetapi apakah kami sudah mencapai level itu?," tuturnya menambahkan.