Liga Indonesia

Piala Arab 2021: Agenda Baru FIFA yang Bikin Persib Relakan Mohammed Rashid

Jumat, 12 November 2021 14:10 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
© Grafis: Yuhariyanto/Indosport.com
FIFA Arab Cup Qatar 2021. Copyright: © Grafis: Yuhariyanto/Indosport.com
FIFA Arab Cup Qatar 2021.

INDOSPORT.COM - Piala Arab FIFA 2021 rupanya adalah turnamen sepak bola baru, yang justru membuat Persib Bandung harus kehilangan Mohammed Rashid Bassim.

Turnamen Piala Arab 2021 akan digelar di Qatar pada 1-18 Desember mendatang, sebagai ajang untuk menguji kesiapan negara Qatar, sebelum menggelar ajang Piala Dunia 2022.

April lalu, FIFA telah menggelar pengundian babak kualifikasi dan penyisihan grup yang digelar di Katara Opera House, Doha, Qatar, dengan menerapkan protokol Covid-19. 

Sebagai turnamen baru, ajang ini akan diikuti oleh 23 negara Arab yang tergabung dalam Konfederasi Sepak bola Asia (AFC) dan Konfederasi Sepak bola Afrika (CAF). 

Beberapa negara yang berpartisipasi yaitu Qatar, Aljazair, Bahrain, Mesir, Irak, Yordania, Kuwait, Lebanon, Libya, Palestina, Suriah, Arab Saudi, Uni Emirat Arab, dan lain-lain.

Untuk format Piala Arab ini, sembilan tim teratas peringkat FIFA edisi April 2021 akan langsung lolos ke babak penyisihan grup.

Sembilan tim peringkat teratas yang sudah dipastikan lolos ke penyisihan grup adalah Qatar, Irak, Tunisia, Uni Emirat Arab, Suriah, Maroko, Arab Saudi, Aljazair, dan Mesir.

Sementara itu, 14 tim dengan peringkat lebih rendah akan main di babak kualifikasi dengan sistem gugur satu leg, dan hanya ada tujuh tim yang melaju ke babak grup.

Selanjutnya, di babak penyisihan grup, akan ada 16 tim yang terbagi dalam empat grup. Tim peringkat teratas dan runner-up grup dipastikan melaju ke perempat final.