Bola Internasional

Resmi Dinaturalisasi, Dua Bintang Asli Inggris Sukses Debut di Timnas Negara Lain

Minggu, 14 November 2021 15:51 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Isman Fadil
© INDOSPORT
Logo Timnas Inggris. Copyright: © INDOSPORT
Logo Timnas Inggris.

INDOSPORT.COM - Pada jeda internasional kali ini ada sejumlah pemain naturalisasi yang mendapat debut bersama negara barunya. Diantaranya adalah dua bintang asal Inggris yakni Matty Cash dan Ike Ugbo.

Keduanya lahir di dan sempat memegang KTP Inggris namun kemudian memutuskan untuk menerima panggilan tim nasional negara lain. Cash kini berbaju Polandia sementara Ugbo memilih Kanada.

Secara garis keturunan, dalam tubuh Cash mengalir darah Polandia dari sang ibu yang memang asli dari sana. Bek kanan Aston Villa tersebut sendiri baru mengajukan permintaan pindah kaganegaraan pada Semptembr 2021 lalu.

Banyaknya pemain top di posisi fullback kanan Inggris seperti Kyle Walker, Reece James, dan Trent-Alexander Arnold membuatnya berpikir untuk membela Polandia. Niatan tersembut kemudian langsung membuatnya masuk dalam skuat The Eagles dan mendapat debut kontra Andorra pada Sabtu (13/11/21) lalu di ajang kualifikasi Piala Dunia 2022.

Sementara itu Ugbo sama sekali tidak punya keluarga yang berasal dari Kanada. Orangtuanya sendiri adalah imigran Nigeria di Inggris. Akan tetapi ia besar di Kanada sejak masih bayi sehingga berhak memilih untuk menjadi warga negara beriklim dingin tersebut.

Ugbo memang jebolan akademi Chelsea sebelum kini berbaju Genk namun ia lebih dulu menimba ilmu sepak bola di Kanada. Brampton East SC dan Woodbridge Strikers adalah klub tempat bernaung penyerang tengah 23 tahun itu di masa lampau.

Debutnya untuk Les Rouges pada laga melawan Kosta Rika akhir pekan ini hanya berlangsung selama tujuh menit karena dimulai dari bangku cadangan. Akan tetapi ke depannya Ugbo hampir dipastikan bakal jadi pilihan utama pelatih John Herdman.