Bola Internasional

Dipaksa Cari Tiket Lolos Piala Dunia via Play-off, Seberapa Besar Kans Portugal?

Senin, 15 November 2021 09:55 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Indra Citra Sena
© Thanassis Stavrakis - Pool/UEFA via Getty Images
Dipaksa ke Play-off Piala Dunia, Seberapa Besar Kans Portugal? Copyright: © Thanassis Stavrakis - Pool/UEFA via Getty Images
Dipaksa ke Play-off Piala Dunia, Seberapa Besar Kans Portugal?

INDOSPORT.COM - Timnas Portugal melewatkan kesempatan untuk lolos ke Piala Dunia 2022 usai kalah 1-2 dari Serbia dalam laga pamungkas Grup A kualifikasi zona Eropa pada Senin (15/11/21) dini hari WIB.

Cristiano Ronaldo dkk. pun terpaksa menjalani play-off untuk bisa melangkah ke Qatar tahun depan lantaran sudah pasti gagal menjuarai Grup A.

Bertanding di kandang mereka sendiri, Estadio da Luz, Portugal sebenarnya berada dalam posisi yang lebih diuntungkan ketimbang Serbia. Dengan nilai identik 17, Selecao das Quinas hanya butuh imbang untuk juara grup karena unggul selisih gol.

Renato Sanches sempat membawa tuan rumah memimpin di menit kedua, tapi Serbia bisa menyamakan kedudukan sebelum babak pertama usai via Dusan Tadic. Kemenangan akhirnya bisa dipastikan tim tamu lewat gol telah bomber Fulham, Aleksandar Mitrovic di menit ke-90.

Inilah kali ketiga bagi Seleccao das Quinas untuk masuk jalur play-off Piala Dunia. Sebelumnya Portugal juga harus memastikan status kelolosan mereka pada edisi Afrika Selatan 2010 dan Rusia 2018.

Play-off pertama mereka dihadapkan dengan negara yang notabene baru lahir saat itu, yakni Bosnia-Herzegovina. Portugal lolos dengan agregat 2-0 dalam pertandingan dua leg.

Lawan yang lebih berat dihadapi untuk lolos ke Piala Dunia 2018 yakni Swedia. Cristiano Ronaldo sang kapten dan bintang utama Portugal, mengemas hattrick di leg kedua yang membuat negaranya lolos dengan agregat 4-2.