Bola Internasional

Portugal Kena Comeback Serbia, Ronaldo Terancam Absen di Piala Dunia 2022!

Senin, 15 November 2021 09:05 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Indra Citra Sena
© David Ramos/Getty Images
Portugal Kena Comeback Serbia, Ronaldo Terancan Absen di Piala Dunia. Copyright: © David Ramos/Getty Images
Portugal Kena Comeback Serbia, Ronaldo Terancan Absen di Piala Dunia.

INDOSPORT.COM - Timnas Portugal melewatkan kesempatan untuk lolos ke Piala Dunia 2022 usai kalah dari Serbia dalam laga pamungkas kualifikasi zona Eropa Grup A pada Senin (15/11/21) dini hari WIB.

Cristiano Ronaldo dan kolega pun dipaksa untuk menjalani play-off untuk berjuang memastikan partisipasi mereka di Qatar tahun depan.

Bertanding di kandang mereka sendiri, Estadio da Luz, Portugal sebenarnya berada dalam posisi yang lebih diuntungkan ketimbang Serbia. Dengan nilai identik 17, Selecao das Quinas juga hanya butuh imbang untuk  jadi juara grup karena unggul seelisih gol.

Renato Sanches sempat membawa tuan rumah memimpin di menit kedua,tapi Serbia bisa menyamakan kedudukan sebelum babak pertama usai via Dusan Tadic. Kemenangan akhirnya bisa dipastikan tim tamu lewat gol telah bomber Fulham, Aleksandar Mitrovic di menit ke-90.

Hasil ini membuat Serbia balik memimpin Grup A dan berhak menggenggam satu tiket ke Qatar. Untuk kali ketiga sejak jadi negara berdikari, The Orlovi lolos ke Piala Dunia setelah edisi 2010 dan 2018 lalu.

Sementara itu Portugal justru terancam memastikan kelolosan keenam beruntun ke putaran final Piala Dunia. Negara semenanjung Iberia tersebut belum pernah lagi absen di ajang empat tahunan itu sejak edisi 1998 di Prancis.

Nasib pasukan Fernando Santos akan diputuskan pada Maret 2022. Akan tetapi, lawan di fase play-off belum diketahui karena harus dilakukan pengundian terlebih dahulu.

Portugal sendiri cukup berpengalaman dalam lolos via play-off. Di Piala Dunia 2010, mereka mengalahkan Bosnia-Herzegovina dan di 2014 giliran Swedia yang ditaklukkan.