Bola Internasional

Italia Susul Portugal, Ini Dia Daftar Peserta Playoff Piala Dunia Zona Eropa

Selasa, 16 November 2021 06:38 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
 Copyright:

INDOSPORT.COM – Berikut daftar terbaru negara peserta playoff Piala Dunia 2022 zona Eropa, setelah Italia dipastikan menyusul Portugal usai digusur Swiss di matchday terakhir.

Nasib pilu dialami juara Euro 2020, Italia, di matchday terakhir Grup C kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa. Butuh kemenangan untuk menyegel puncak klasemen dan tiket lolos ke Qatar, Azzurri hanya bisa bermain imbang 0-0 dengan tuan rumah Irlandia Utara.

Italia pun akhirnya tergusur ke peringkat kedua dan hanya mampu merebut tiket ke babak playoff, tergusur Swiss yang naik ke puncak dan lolos langsung ke Qatar usai membantai Bulgaria 4-0.

Azzurri mengikuti nasib pilu raksasa Eropa lainnya, Portugal. Seperti diketahui, Portugal juga gagal lolos langsung dan harus rela tampil di playoff usai kalah dramatis 1-2 dari Serbia di matchday terakhir Grup A.

Sebagai informasi, playoff Piala Dunia zona Eropa akan diikuti 12 tim yang memperebutkan 3 tiket tersisa.

Sepuluh peserta berasal dari para runner up grup, sedangkan 2 sisanya adalah negara dengan rangking terbaik di UEFA Nations League yang finis di luar posisi dua besar di fase grup kualifikasi Piala Dunia.

Sejauh ini, dari jalur runner up grup, sudah ada 7 tim yang lolos. Selain Italia dan Portugal, ada juga Swedia (Grup B), Skotlandia (F), Russia (H), Polandia (I), dan Makedonia Utara (J)

Sisa 3 tempat akan diperebutkan oleh Finlandia dan Ukraina (Grup C), Wales dan Rep Ceko (E), serta Turki, Norwegia, dan Belanda (G).

Dari jalur Nations League, satu tiket direbut oleh Austria yang memiliki poin tertinggi kedua di Liga B Nations League, tapi hanya finis di posisi 4 Grup F kualifikasi Piala Dunia.

Satu tiket lagi dari jalur Nations League akan diperebutkan Ceko dan Wales yang meraih poin tertinggi ketiga dan pertama di Liga B.

Karena Ceko dan Wales juga sedang berebut posisi runner up Grup E kualifikasi Piala Dunia, maka tim mana pun yang duduk di posisi 3 tetap akan lolos dari jalur Nations League.