Bola Internasional

Mengenal FIFI Wild Cup: Piala Dunia Tandingan yang Bikin FIFA Meradang

Selasa, 16 November 2021 19:13 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© Grafis: Yuhariyanto/Indosport.com
FIFI Wild Cup. Copyright: © Grafis: Yuhariyanto/Indosport.com
FIFI Wild Cup.

INDOSPORT.COM – Mengenal FIFI Wild Cup, Piala Dunia tandingan yang diselenggarakan sekali saja di Jerman dan sempat membuat FIFA geram.

Sepak bola dunia identik dengan FIFA. Federasi sepak bola dunia ini menaungi hampir seluruh negara di dunia. Total 211 asosias sepak bola nasional tergabung di dalamnya.

Selain FIFA, ternyata ada konfederasi lain yang menampung negara-negara  mikro atau negara-negara minoritas yakni CONIFA.

Meski berbeda, FIFA mendukung jalannya CONIFA untuk menjadi wadah negara-negara minoritas atau negara mikro untuk bisa berpartisipasi di sepak bola.

Sama seperti FIFA, CONIFA pun punya Piala Dunia sendiri yang dulunya bernama VIVA World Cup dan kemudian berlanjut ke CONIFA World Cup atau Piala Dunia FIFA.

Hadirnya Piala Dunia tandingan FIFA dari CONIFA ini juga mendapat dukungan. Terbukti dari hadirnya tiga turnamen yakni di tahun 2014, 2016, dan 2018.

Selain ada Piala Dunia tandingan dari CONIFA, FIFA juga mendapati adanya Piala Dunia tandingan. Uniknya, gelaran ini jadi parodi atas gelaran FIFA World Cup.

Adapun nama gelaran ini adalah FIFI Wild Cup. Nama gelaran ini memparodikan ajang 4 tahunan terpopuler di dunia yakni FIFA World Cup atau Piala Dunia FIFA.

Hal ini membuat FIFA lantas naik pitam. Lantas, bagaimana kisah kehadiran FIFI Wild Cup atau Piala Liar FIFI? Berikut ulasannya.