Bola Internasional

Riki dan Riku Matsuda Tak Menyangka Berasal dari Keluarga Muslim di Jawa

Rabu, 17 November 2021 20:38 WIB
Penulis: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji | Editor: Isman Fadil
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Dua pemain yang ingin gabung Timnas Indonesia yakni Riki Matsuda dan Riku Matsuda tidak menyangka berasal dari keluarga muslim di Jawa.

Seperti diketahui, Riki Matsuda dan Riku Matsuda baru saja menjalani sesi wawancara eksklusif dengan Chanel Youtube J.LEAGUE International.

Dalam kesempatan itu, pewawancara menanyakan apakah dua saudara kembar tersebut beragama muslim. Si pewawancara menanyakan perihal itu karena mengetahui kalau ayah Riki dan Riku berasal dari Jawa.

Menanggapi pertanyaan tersebut, Riku Matsuda sempat kebingungan karena sebelumnya tidak mengetahui kalau mayoritas orang jawa beragama Islam.

Pewawancara juga menjelaskan kepada Riku kalau orang Islam selalu makan dan minum menggunakan tangan kanan. Riku pun langsung mengatakan dengan polos kalau dia kemungkinan juga orang Islam karena pernah melalukan hal tersebut.

"Kita orang Islam kah?," tanya Riku Matsuda kepada Riki.

"Dulu kami makan dengan tangan kanan lho. Jadi kami orang Islam. Saya baru tau."

"Kita mungkin orang Islam, harus tanya ke ayah dulu," tuturnya menambahkan.

Riki dan Riku memiliki darah Indonesia dari sang Ayah yang berasal dari Jawa. Kemudian Ibunya merupakan orang asli dari Jepang.

Mereka berdua lahir di Osaka pada 24 Juli 1991 silam dan pernah sama-sama mengenyam pendidikan di Seikei Sport Collage. Kini keduanya menjadi rekan setim di klub J-League 1 musim 2021 bernama Cerezo Osaka.