Bola Internasional

Timnas Indonesia Kalah Lagi, Akmal Marhali: Tidak Menanam Kok Mau Panen?

Kamis, 18 November 2021 09:45 WIB
Penulis: Martini | Editor: Subhan Wirawan
© pssi
Shin Tae Yong memimpin latihan Timnas Indonesia di Turki Copyright: © pssi
Shin Tae Yong memimpin latihan Timnas Indonesia di Turki

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia kalah lagi, kali ini di gelaran uji coba menghadapi Afghanistan, Selasa (16/11/21). Pengamat sepak bola, Akmal Marhali turut bersuara.

Perlu dicatat, laga uji coba ini dinilai penting sebagai persiapan Timnas Indonesia jelang Piala AFF 2020, yang akan dilangsungkan pada 5 Desember hingga 1 Januari nanti.

Victor Igbonefo dkk tidak siap menghadapi serangan, hingga akhirnya Omid Popalzay menceploskan bola ke gawang M. Riyandi, memanfaatkan umpan di kotak 12 pass.

Sementara Timnas Indonesia, meski punya banyak peluang dan mendominasi sejak babak pertama, namun tak ada satu pun serangan yang masuk ke gawang lawan.

Menurut Akmal Marhali, kekalahan skuat Indonesia adalah hal yang wajar. Publik sepak bola mestinya tidak berharap banyak pada skuat asuhan Shin Tae-yong tersebut.

Bukan salah pelatih, bukan pula salah pemain. Kekalahan ini diakui sebagai hasil yang layak untuk sebuah negara yang tidak didukung dengan pembinaan dan kompetisi.

"Mau timnas berprestasi, tapi pemanggilan pemain timnas dibatasi. Mau timnas juara, tapi kompetisinya tetap jalan di tengah Piala AFF 2021," kritik Akmal Marhali pada PSSI.

"Kualitas pemain harus ditingkatkan lewat pembinaan usia dini yang benar. Kompetisi harus sehat agar menghasilkan pemain berkualitas," tegas Akmal di media sosial.

Akmal memberikan contoh jika Vietnam bisa melakukan pembinaan sepak bola dan juga menggelar kompetisi dengan baik, sehingga kini menuai hasil prestasi di Asia Tenggara