Bola Internasional

Mengenang Aksi Main Mata Peru dan Kolombia yang Buat Chile Tak Lolos Piala Dunia 2018

Minggu, 21 November 2021 18:53 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© AP
Situasi pertandingan Peru vs Kolombia 10 Oktober 2017 Copyright: © AP
Situasi pertandingan Peru vs Kolombia 10 Oktober 2017

INDOSPORT.COM – Aksi main mata di sepak bola bukanlah barang baru. Salah satunya adalah aksi main mata Peru dan Kolombia agar membuat Chile tak tampil di Piala Dunia 2018.

Sepak bola selalu menghadirkan drama di dalamnya. Terkadang, drama yang ada berbalut kecurangan agar bisa menjegal lawan-lawannya.

Drama itu pun bisa berupa pelanggaran atau bahkan aksi main mata antara kedua tim dalam partai hidup mati yang menentukan bagi tim lainnya.

Salah satu aksi main mata antara kedua tim yang paling termahsyur mungkin aksi main mata antara Peru dan Kolombia saat berjuang memperebutkan tiket ke Piala Dunia 2018.

Saat itu, Peru dan Kolombia sepakat bermain imbang di tengah-tengah pertandingan agar Chile yang tengah menghadapi Brasil di Kualifikasi Piala Dunia 2018 zona CONMEBOL, gagal lolos ke Piala Dunia.

Aksi main mata ini terjadi pada 2017 silam, tepatnya pada 10 Oktober 2017 waktu setempat. Saat itu, Peru menjamu Kolombia dan di tempat lainnya, Chile menghadapi Brasil.

Saat itu, Chile dan Peru tengah berebut tempat untuk lolos ke Piala Dunia mengingat saat itu Chile ada di tempat kelima dan Peru di tempat keenam di klasemen kualifikasi.

Dengan kata lain, Chile bisa saja  lolos langsung atau ke babak Play Off jika kalah dari Brasil, dengan catatan salah satu dari Peru atau Kolombia kalah.

Tapi yang terjadi, Peru dan Kolombia bermain mata dan membuat Chile pun akhirnya mengubur mimpi tampil di Piala Dunia 2018. Bagaimana kisah lengkapnya?