Bola Internasional

2 dari Manchester United, 4 Pemenang Golden Boy yang Gagal Bersinar

Selasa, 23 November 2021 12:05 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
© Eric Alonso/Getty Images
Golden Boy 2021 baru saja dimenangi Pedri. Namun, ada sejumlah mantan pemenang yang gagal bersinar di usia matang, 2 di antaranya dari Man United. Siapa saja? Copyright: © Eric Alonso/Getty Images
Golden Boy 2021 baru saja dimenangi Pedri. Namun, ada sejumlah mantan pemenang yang gagal bersinar di usia matang, 2 di antaranya dari Man United. Siapa saja?

INDOSPORT.COM - Golden Boy 2021 baru saja dimenangi Pedri. Namun, ada sejumlah mantan pemenang yang gagal bersinar di usia matang, 2 di antaranya dari Man United. Siapa saja?

Kabar baik datang dari Barcelona. Wonderkid mereka, Pedri, resmi keluar sebagai pemenang penghargaan Golden Boy 2021.

Golden Boys Award merupakan penghargaan tahunan yang digelar oleh media Italia, Tuttosport. Penghargaan ini diberikan kepada pemain berusia di bawah 21 tahun (U-21) terbaik di seantero Eropa.

Pada bulan Oktober lalu, dirilis daftar nomine yang berisikan 20 pemain. Dalam daftar tersebut tercantum nama-nama seperti Pedri, Jude Bellingham, Gavi, Daniel Maldini, Bukayo Saka, hingga Eduardo Camavinga.

Namun, dilansir Marca, pada akhirnya Pedri-lah yang keluar sebagai juara. Ia mengungguli Jude Bellingham (Borussia Dortmund) yang ada di posisi kedua.

Kemenangan Pedri makin istimewa karena ia mencatatkan selisih poin yang jauh dari Bellingham. Pedri meraih 318 poin, unggul 199 poin dari Bellingham yang meraih 219. Selisih 199 poin itu adalah yang terbesar dalam sejarah Golden Boy sejak edisi pertama pada 2003.

Pedri memang tampil gemilang sepanjang musim lalu. Ia mencatatkan 52 penampilan bersama Barcelona dengan catatan 4 gol dan 6 assist. Setelah itu, ia membela timnas Spanyol di ajang Euro 2020 dan Olimpiade.

Meski demikian, musim ini ia baru mencatatkan 4 penampilan akibat cedera otot yang diduga efek dari jadwal padatnya musim lalu.

Di sisi lain, dengan kesuksesan memenangi Golden Boy Awards ini, Pedri digadang bisa meraih karier cemerlang di masa depan seperti pemenang terdahulu, termasuk pendahulunya di Barcelona, Lionel Messi, atau mantan penyerang Manchester United, Wayne Rooney.

Meski demikian, ia patut waspada karena ada pula sejumlah pemenang Golden Boy yang justru gagal bersinar di usai matang.

Berikut ini 4 mantan pemenang Golden Boy yang gagal bersinar di usia matang: