Bola Internasional

Profil Tim Piala AFF 2020: Thailand, Perpaduan Dahsyat Lokal dan Luar Negeri

Jumat, 26 November 2021 17:05 WIB
Editor: Juni Adi
© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Timnas Thailand Piala AFF. Copyright: © Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Timnas Thailand Piala AFF.

INDOSPORT.COM - Thailand serius mengikuti gelaran Piala AFF 2020 dengan memanggil sejumlah pemain yang berkarier di luar negeri, untuk dipadukan dengan pemain yang berkarier di liga domestik.

Thailand merupakan pengoleksi terbanyak gelar juara Piala AFF. The War Elephants meraihnya pada edisi 1996, 2000, 2002, 2014, dan 2016. Raihan gelar juara pada 2016, membuat Thailand melewati Singapura, yang mencatatkan empat kali jadi juara.

Mereka nyaris mencetak sejarah untuk meraih gelar Piala AFF tiga kali beruntun pada tahun 2018 lalu. Sayang pada saat itu langkahnya terhenti hanya sampai babak semifinal.

Kendati gagal mencetak hattrick gelar juara Piala AFF, Thailand masih tetap difavoritkan sebagai kandidat juara untuk edisi kali ini.

Sebagai keseriusan mereka membawa kembali Piala AFF, pelatih Thailand, Alexandre Polking, bahkan sampai memanggil sejumlah pemain berpengalaman yang berkarier di luar negeri termasuk dari Benua Eropa dalam pengumuman skuat untuk ajang dua tahunan ini.

Di antara pemain yang telah diumumkan, ada nama Thanawat Suengchitthawon yang bermain di Leicester City. Suengchitthawon diprediksi bakal jadi andalan bagi sang pelatih.

Dia punya pengalaman bermain di Eropa, bersama Nancy dan Leicester City. Pemain 21 tahun kini berada di skuad U-23 Leicester dan memainkan empat laga di Liga Inggris Reserve.

Suengchitthawon bisa menjadi kunci dari kekuatan di lini tengah Thailand bersama Supachok Sarachat dan Chanathip Songkrasin. Selain itu, masih ada nama pemain berpengalaman Sarach Yooyen yang dipanggil.

Di sektor belakang, Thailand mengandalkan kiper klub Belgia OH Leuven, Kawin Thamsatchanan, Jonathn Khemdee (Odense BK/Denmark).

Serta dua klub J-League Jepang, Chanathip Songkrasin (Hokkaido Consadole Sapporo) dan Teerathon Bunmathan (Yokohama Marinos).

Para pemain luar negeri itu akan dipadukan dengan kekuatan pemain yang tampil bagus di liga domestik, Thai League 1 2021/2022.

Lantaran persiapan yang mepet ditambah lagi Liga Thailand masih bergulir, maka Polking hanya memanggil pemain-pemain lokal yang tampil apik musim ini.

"Kami harus memilih atlet yang luar biasa terutama yang bermain di Liga Thailand saat ini," ujar Polking dikutip dari laman resmi AFF.

"Ini cara terbaik karena kami tidak bisa menilai pemain dengan ketentuan kami sendiri (staf pelatih)," ujarnya.

"Maka dari itu saya mau mengucapkan terima kasih kepada semua klub yang bersedia melepas pemainnya ke timnas Thailand untuk Piala AFF 2020 ini," tukasnya.