Bola Internasional

Kabar Andres Iniesta, Legenda Barcelona yang Mencatat 100 Laga di Liga Jepang

Minggu, 28 November 2021 00:05 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Indra Citra Sena
© J League
Legenda Barcelona, Andres Iniesta, mencatat 100 penampilan di Liga Jepang bareng Vissel Kobe. Copyright: © J League
Legenda Barcelona, Andres Iniesta, mencatat 100 penampilan di Liga Jepang bareng Vissel Kobe.

INDOSPORT.COM - Legenda Barcelona, Andres Iniesta, diketahui tengah mencicipi kerasnya Liga Jepang atau J League. Dia berseragam Vissel Kobe.

Tak tanggung-tanggung, jumlah penampilan Iniesta bersama Vissel Kobe di kompetisi kasta tertinggi Jepang kini sudah mencapai tiga digit, yakni 100 kali.

Andres Iniesta mencatat penampilan ke-100 untuk Vissel Kobe saat jadi kapten dan menang 2-0 atas Yokohama FC di ajang Meiji Yasuda J1 League, Sabtu (20/11/21).

Meski sudah berusia 37 tahun, nyatanya Iniesta tetap bagian penting dari klub asal Prefektur Hyogo tersebut. Dia mulai bergabung dengan Vissel Kobe pada 24 Mei 2018 setelah 16 musim membela Barcelona. 

Awalnya, Iniesta menandatangani kontrak selama tiga tahun, kini ia sudah punya kontrak anyar yang membuatnya akan terus bermain untuk Vissel Kobe hingga 2023.

Pindah ke Jepang saat berusia 34 tahun, Iniesta ternyata masih bagian penting klub di atas lapangan, sehingga membuatnya kini mencatat 100 penampilan untuk klub di semua ajang. 

Debutnya di Vissel kobe terjadi pada 22 Juli 2018, saat itu Andres Iniesta masuk menggantikan Kazuma Watanabe pada babak kedua pada laga lawan Shonan Bellmare di Liga Jepang.

Bersama Iniesta, Vissel Kobe juga meraih gelar pertama mereka berganti nama dari Kawasaki Steel Mizushima pada 1995. Vissel Kobe meraih gelar Piala Kaisar 2019, mengalahkan Kashima Antlers 2-0 di final. Iniesta bermain 88 menit sebagai kapten tim.

Tak berhenti di situ, pada awal musim 2020, Vissel Kobe juga jadi juara Piala Super Jepang setelah menang adu penalti 6-5 lawan juara J1 League musim sebelumnya, Yokohama F. Marinos. Iniesta bermain penuh, sebagai kapten, dan mencatat satu assist pada laga ini.

Tak hanya di Jepang, Iniesta juga membawa Vissel kobe terbang tinggi di Asia. Juara Piala Kaisar membuat mereka lolos ke gelaran Liga Champions Asia 2020.

Di kompetisi antarklub terbaik Asia pertama mereka, Vissel Kobe melaju jauh hingga semifinal sebelum dihentikan jagoan Korea Selatan, Ulsan Hyundai.