Liga Indonesia

Inspiratif, Perjalanan Panjang Ronaldo Kwateh hingga Jadi Bintang Timnas U-18

Senin, 29 November 2021 18:05 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
© PSSI
Aksi selebrasi Ronaldo Kwateh dan pemain Timnas Indonesia U-18 melawan Antalyaspor dengan skor 3-1 Copyright: © PSSI
Aksi selebrasi Ronaldo Kwateh dan pemain Timnas Indonesia U-18 melawan Antalyaspor dengan skor 3-1

INDOSPORT.COM - Berikut cuplikan perjalanan panjang Ronaldo Kwateh, mulai dari Sekolah Sepak Bola (SSB) hingga menjadi bintang timnas Indonesia U-18.

Nama depannya sama seperti pemain mega bintang sepak bola dunia, Ronaldo, sedang nama belakangnya diambil dari nama sang salah satu pemain legendaris, Kwateh.

Tak salah lagi, Ronaldo Joybera Kwateh adalah anak dari Roberto Kwateh, pesepak bola Liberia yang lama merumput di Indonesia, tepatnya sejak 2003.

Meski masih berusia 17 tahun, Ronaldo Kwateh sudah memiliki jam terbang cukup tinggi di skuat Madura United. Ia mendapat kepercayaan pelatih tampil di Liga 1 2021.

Namun, rekor itu sempat terhenti untuk sementara, sebab Ronaldo Kwateh turut dipanggil Shin Tae-yong untuk membela timnas Indonesia U-18 saat TC di Turki.

Hasilnya, Ronaldo Kwateh menjadi bintang di setiap penampilan timnas Indonesia U-18. Laga perdana kontra Antalyaspor U-18, Ronaldo membukukan dua gol.

Kemudian, laga uji coba kedua melawan Alanyaspor U-18, Ronaldo Kwateh sukses melesakkan gol pembuka di menit pertama. Gol selanjutnya dilesakkan di menit ke-18.

Beranjak ke laga uji coba kontra MMK Football Club, Ronaldo Kwateh lagi-lagi menyarangkan gol cepat, tepatnya menit kelima. 

Kesuksesan itu tentu tidak ia dapat secara instan. Sejak usia balita, Ronaldo Kwateh mengaku sudah haus akan ilmu sepak bola.