Bola Internasional

Profil Tim Piala AFF 2020: Myanmar, Siap Merepotkan

Senin, 29 November 2021 22:11 WIB
Editor: Juni Adi
© INDOSPORT
Logo Piala AFF 2020. Copyright: © INDOSPORT
Logo Piala AFF 2020.

INDOSPORT.COM - Myanmar menjadi salah satu negara non unggulan yang berpotensi merepotkan tim-tim kuat termasuk di Piala AFF 2020.

Turnamen sepak bola antar negara Asia Tenggara, Piala AFF 2020 tidak lama lagi akan segera bergulir pada 05 Desember 2021 hingga 01 Januari 2022 mendatang. 

Sejatinya ajang dua tahunan ini digelar tahun lalu, namun karena pandemi Covid-19 yang masih belum mereda membuat AFF selaku otoritas sepak bola tertinggi di ASEAN harus menundanya.

Kini meski masih terjadi pandemi Covid-19, namun untuk kasusnya sudah mulai melandai sehingga AFF memutuskan untuk menggelar Piala AFF 2020 tahun ini.

Singapura ditunjuk menjadi tuan rumah tunggal yang akan memainkan semua pertandingan babak penyisihan grup. Di edis-edisi sebelumnya, Piala AFF selalu dilaksanakan di dua negara tuan rumah.

Sementara itu negara-negara peserta terus mematangkan persiapan mereka untuk tampil di Piala AFF 2020, guna meraih hasil maksimal salah satunya adalah Timnas Myanmar.

Tim besutan pelatih Antoine Hey itu bertekad bangkit dari keterpurukan dan bulan-bulanan negara kuat Asia Tenggara di Piala AFF. Mereka tergabung di Grup A bersama Filipina, Thailand, Singapura dan Timor Leste.

Seperti diketahui dalam 10 tahun terakir, Myanmar menjadi salah satu negara lumbung gol di Piala AFF 2020. Tim berjuluk Asian Lions itu harus puas hanya sampai babak penyisihan grup.

Prestasi terbaiknya sampai semifinal di Piala AFF 2002 dan 2016 lalu. Kendati punya rekor buruk, namun kiprah Myanmar patut diwaspadai oleh tim-tim lain.

Apalagi Myanmar mulai menunjukan progres perubahan sejak ditangani oleh Antoine yang bergabung pada Oktober 2019 lalu.

Hal itu dibuktikan dengan tiga kemenangan yang mampu diraih dari tujuh laga awal bersama pria asal Jerman itu.

Salah satu kekalahan yang harus diterima adalah ketika berhadapan dengan Timnas Indonesia di laga uji coba jelang Piala AFF 2020. Myanmar kalah 4-1 di laga tersebut.