Liga Indonesia

Timo Scheunemann Ogah Kelola PSSI: Saya Hanya Mau Satu Syarat

Selasa, 30 November 2021 20:55 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
© Ian Setiawan/INDOSPORT
Pelatih berdarah Jerman, Timo Scheunemann. Copyright: © Ian Setiawan/INDOSPORT
Pelatih berdarah Jerman, Timo Scheunemann.

INDOSPORT.COM - Pelatih sepak bola keturunan Jerman, Timo Scheunemann mengaku enggan terlibat dalam sebuah kepengurusan sepak bola, termasuk PSSI.

Timo Scheunemann adalah mantan pemain Tampine Rovers, yang kemudian menjadi pelatih Persema Malang (2010-2011), lalu juga menjabat di Persiba Balikpapan (2017).

Terakhir kali, Timo Scheunemann menjadi asisten pelatih sekaligus penerjemah untuk skuat Garuda Select di Inggris dan Italia.

Namun belakangan, Timo Scheunemann mengaku enggan bekerja sama dalam hal sepak bola, kecuali dengan satu syarat.

"Kalau saya terlibat lagi di bola Indonesia, satu, saya hanya (mau) di akademi," ucap Timo Scheunemann saat menjadi bintang tamu dalam kanal Youtube GAN Channel.

"Dengan harapan, kalau saya bikin satu tempat, yang lain akan meniru, karena itu akan berjalan dengan luar biasa," tambah pelatih berusia 48 tahun tersebut.

Timo Scheunemann mengaku akan belajar langsung dari tim sepak bola Eropa, terkait bagaimana metode yang efektif dalam pembinaan pemain sepak bola usia muda.

"Dan itu saya bukan merasa saya hebat, enggak, saya meniru, saya melihat di Eropa, klub siapa sih yang paling efektif untuk pengembangan usia muda," jelasnya.

"Terus bisnis dalam program mereka seperti apa sih, recruiting system-nya seperti apa sih, itu saja saya pelajari, oh Indonesia cocok dengan yang ini," lanjut Timo.