Bola Internasional

Hati-hati Indonesia, Pelatih Vietnam Punya 4 Senjata Mematikan di Piala AFF 2020

Selasa, 30 November 2021 19:05 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Indra Citra Sena
© PSSI
Hati-hati Indonesia, Pelatih Vietnam Punya 4 Senjata Mematikan di Piala AFF 2020 Copyright: © PSSI
Hati-hati Indonesia, Pelatih Vietnam Punya 4 Senjata Mematikan di Piala AFF 2020

INDOSPORT.COM - Dengan status kampiun edisi 2018, Vietnam notabene salah satu tim favorit juara Piala AFF 2020 di Singapura yang dimulai pada 5 Desember mendatang.

Meski gagal total di putaran terakhir Kualifikasi Piala Dunia 2022, Vietnam masih menjadi kekuatan besar di level Asia Tenggara.

Setidaknya ada empat pemain yang layak diwaspadai dalam skuat asuhan Park Hang-seo yang terbang ke Singapura nanti. Terutama bagi timnas Indonesia yang akan berhadapan dengan Vietnam sejak di fase grup.

1. Nguyen Quang Hai

Sejak Park Hang-seo menjadi nakhoda Vietnam, salah satu nama yang paling stabil masuk dalam daftar panggilan adalah Quang Hai. Kehebatan gelandang serang sekaligus winger berusia 24 tahun ini dibuktikan dengan titel pemain terbaik Piala AFF 2018.

Tekhnik tinggi sekaligus kaki dominan kiri adalah senjata andalan dari Quang Hai. Pada Juni lalu penggawa Hanoi FC ini sempat menjebol gawang Indonesia di ajang kualifikasi Piala Dunia dan Piala Asia dalam laga yang dimenangi Vietnam 4-0.

2. Nguyen Cong Phuong

Bersama Nguyen Tien Linh, Park Hang-seo mengklaim bahwa Cong Phuong adalah dua striker terbaik Vietnam saat ini. Kualitasnya pun sudah diakui klub-klub luar negeri seperti Incheon United (Korea Selatan) dan Sint-Truidense (Belgia) yang pernah memberinya kontrak pendek.

Sekarang penyerang berusia 26 tahun ini sedang merumput bersama klub liga teratas Vietnam yakni Hoang Anh Gia Lai. Dalam 40 caps, Nguyen Cong Phuong memang baru mengemas sembilan gol namun dua di antaranya lahir ke gawang timnas Indonesia.