Bola Internasional

3 Pemain Eropa yang Wajib Diwaspadai Timnas Indonesia di Fase Grup Piala AFF

Rabu, 1 Desember 2021 15:18 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
© INDOSPORT
Tergabung di Grup B Piala AFF 2020, berikut 3 pemain tim lawan yang berpengalaman bermain di Eropa, yang wajib diwaspadai oleh Timnas Indonesia. Copyright: © INDOSPORT
Tergabung di Grup B Piala AFF 2020, berikut 3 pemain tim lawan yang berpengalaman bermain di Eropa, yang wajib diwaspadai oleh Timnas Indonesia.

INDOSPORT.COM – Tergabung di Grup B Piala AFF 2020, berikut 3 pemain tim lawan yang berpengalaman bermain di Eropa, yang wajib diwaspadai oleh Timnas Indonesia.

Akhir pekan ini, sepak bola Asia Tenggara akan diramaikan oleh gelaran Piala AFF 2020. Ajang tersebut akan digelar di Singapura pada tanggal 5 Desember 2021 hingga 1 Januari 2022 dan diikuti 10 negara.

Timnas Indonesia akan tergabung di Grup B bersama Kamboja, Laos, Malaysia, dan Vietnam. Skuat Garuda akan mengawali perjalanan dengan menghadapi Kamboja pada 9 Desember, diikuti Laos, Vietnam, dan Malaysia pada 12, 15, dan 19 Desember.

Timnas Indonesia baru saja merampungkan training camp di Turki yang diwarnai 3 laga ujicoba. Hasilnya, Evan Dimas dkk kalah 0-1 dari Afghanistan dan menang 4-1 serta 4-0 dari Myanmar dan Antalyaspor.

Situasi ini membuka harapan bagi skuat Merah Putih untuk bisa menembus semifinal Piala AFF. Namun, target tersebut bukanlah hal mudah.

Pasalnya, meski diyakini bisa menundukkan Laos dan Kamboja, Vietnam dan Malaysia bukanlah lawan mudah.

Secara peringkat FIFA, Vietnam berada di peringkat 99 alias terbaik se-Asia Tenggara. Tak hanya itu, mereka juga berstatus juara bertahan alias juara Piala AFF 2008.

Sementara itu, Malaysia berada di peringkat 154 FIFA alias posisi kelima se-Asia Tenggara. Harimau Malaya juga merupakan runner up Piala AFF edisi sebelumnya.

Indonesia sendiri berada di bawah kedua negara tersebut, yakni posisi 166 dunia atau ketujuh Asia Tenggara.

Hingga saat ini, Timnas Indonesia belum mengumumkan daftar skuat resmi yang berisikan 30 pemain untuk Piala AFF 2020. Namun, sejumlah pemain yang berkarier di Eropa seperti Witan Sulaeman, Egy Maulana Vikri, hingga Elkan Baggott diyakini akan masuk.

Kehadiran bintang-bintang Eropa itu, ditambah para pemain terbaik dari Liga 1 menyulut harapan Timnas Indonesia bisa berprestasi baik.

Meski demikian, pasukan Shin Tae-yong wajib waspada. Pasalnya, para pesaing di Grup B juga akan diperkuat sejumlah sosok yang berpengalaman tampil di liga-liga Eropa.

Lantas, siapa saja pemain tim lawan yang berpengalaman bermain di Eropa, yang wajib diwaspadai oleh Timnas Indonesia? Berikut ulasannya: