Bola Internasional

Tragis, Kenangan Buruk Timnas Indonesia Dipaksa Malaysia Angkat Kaki dari Piala AFF 2012

Kamis, 2 Desember 2021 07:00 WIB
Penulis: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© Fernando Randy/VIVA News
Skuat Timnas Indonesia di Piala AFF 2012 silam. Copyright: © Fernando Randy/VIVA News
Skuat Timnas Indonesia di Piala AFF 2012 silam.

INDOSPORT.COM - Jelang Piala AFF pada Desember 2021 mendatang, pendukung timnas Indonesia dipaksa melihat kenangan buruk saat Skuat Garuda menjalani turnamen 2012 silam.

Akun Instagram resmi Piala AFF baru saja mengunggah video pertandingan timnas Indonesia saat dihajar tuan rumah Malaysia di Piala AFF 2012 dengan skor 0-2.

Dalam video tersebut, terlihat Malaysia mampu mencetak gol ke gawang timnas Indonesia besutan Nilmaizar lewat Azamuddin Akil dan Mahali Jasuli.

Kekalahan itu memang tragis bagi Andik Vermansah dkk. Padahal, Skuat Garuda hanya butuh hasil imbang untuk bisa lolos dari Grup B dan melaju ke semifinal Piala AFF.

Namun akhirnya tuan rumah Malaysia yang memastikan diri lolos, ditemani Singapura yang sempat dikalahkan pasukan Nilmaizar dengan skor 1-0.

Pada 2012 silam, kondisi sepak bola Indonesia juga sedang amburadul karena adanya dualisme kompetisi. PSSI dan FIFA hanya mengakui Indonesian Premier League (IPL), namun sebagian besar klub malah memilih bergabung di Indonesia Super League (ISL).

Masalah tersebut membuat pelatih kepala Skuat Garuda saat itu yakni Nilmaizar tidak punya banyak pilihan. Dirinya hanya bisa memanggil sebagian besar pemain-pemain dari klub peserta IPL.