In-depth

Ada Kamboja, 3 Negara yang Jadi Lumbung Gol Timnas Indonesia di Piala AFF

Kamis, 9 Desember 2021 17:58 WIB
Editor: Juni Adi
© PSSI
Pertandingan antara Timnas Indonesia vs Myanmar. Copyright: © PSSI
Pertandingan antara Timnas Indonesia vs Myanmar.

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia pernah sangat ditakuti oleh negara-negara lain di Piala AFF termasuk tiga negara ini karena sering jadi lumbung gol.

Timnas Indonesia akan memulai perjuangannya di babak penyisihan grup B Piala AFF 2020 melawan Kamboja di Stadion Bishan, Singapura, pada Kamis (09/12/21) malam WIB hari ini.

Di atas kertas, Timnas Indonesia layak diunggulkan untuk meraih kemenangan karena sejarah pertemuan kedua tim memihak tim Merah Putih.

Skuad Garuda punya rekor bagus acap kali menghadapi Kamboja. Mengacu data 11 vs 11 dan rsssf, Timnas Indonesia dan Kamboja sudah 19 kali bertemu sejak 1996. Anak asuh Shin Tae-yong sukses meraih 15 kemenangan dengan torehan 76 gol.

Rekor tersebut berpeluang terus dipertahankan oleh Timnas Indonesia, mengingat Kamboja masih belum menjadi salah satu negara kuat sepak bolanya kendati sudah ada perkembangan.

Buktinya di laga perdana mereka harus tunduk dari Malaysia dengan skor 3-1. Namun secara permainan, Kamboja lebih unggul dari Harimau Malaya.

Statistik mencatat tim yang diarsiteki pelatih Ryu Hirose itu unggul penguasaan bola dengan 56,9 persen, berbanding 43,1 persen milik Malaysia.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong juga tak segan memuji permainan Kamboja yang banyak mengalami perubahan sepak bolanya.

"Banyak yang berpikir Kamboja baik dalam permainan, untuk itu kami akan bekerja lebih keras agar bisa meraih kemenangan," ia melanjutkan. 

Timnas Indonesia tentu harus mewaspadai permainan Kamboja jika tidak ingin mereka yang mengalami nasib sial. Kehati-hatian ini menjadi kontradiktif dengan kualitas Timnas Indonesia beberapa tahun lalu.

Dimana Timnas Indonesia pernah sangat ditakuti oleh Kamboja setiap kali bertemu di Piala AFF. Penyebabnya karena gawang mereka selalu menjadi lumbung gol oleh para pemain Merah Putih.

Bukan hanya Kamboja, ada dua negara lain yang gawangnya selalu menjadi bulan-bulanan Timnas Indonesia di Piala AFF. Berikut daftarnya.