Liga Champions

Debut di Liga Champions, Wonderkid Manchester United Asal Asia Cetak Rekor

Kamis, 9 Desember 2021 14:30 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Juni Adi
© Tom Purslow/Manchester United via Getty Images
Debut di Liga Champions, Wonderkid Asia Manchester United Cetak Rekor! Copyright: © Tom Purslow/Manchester United via Getty Images
Debut di Liga Champions, Wonderkid Asia Manchester United Cetak Rekor!

INDOSPORT.COM - Manchester United memang hanya berimbang 1-1 dalam partai Liga Champions kontra BSC Young Boys pada Kamis (09/12/21) lalu namun tetap ada yang bisa dibanggakan. Pasalnya Setan Merah baru saja memberi debut untuk penggawa asal Asia Selatan pertama mereka di ajang bergengsi tersebut.

Ia adalah Zidane Iqbal. Wonderkid berusia 18 tahun didikan munri akademi United sendiri. Walau lahir dan besar di kota Manchester, namun sang gelandang muda berdarah Pakistan dan Iraq.

Di Old Trafford, Iqbal kebagian sekitar lima menit untuk beraksi usai menggantikan Jesse Lingard. Sebelumnya hanya Michael Chopra di 2002/2003 bersama Newcastle United yang bisa tampil di Liga Champions sebagai keturunan Asia Selatan.

"Rasanya sangat luar biasa. Aku bekerja keras sepanjang hidupku demi momen ini. Bisa dibilang ini mimpi yang jadi nyata dan semoga saja ini hanya permulaan," ungkap Iqbal mengenai debutnya pada MUTV.

Sejarah mencatat jika belum pernah ada pemain asal Asia Selatan yang berkesempatan mengenakan seragam merah ala United sebelum Iqbal. Ia bahkan jadi pemain perdana yang punya kontrak pro bersama The Red Devils.

Sejak bergabung dengan akademi United, bakat Iqbal memang sudah menonjol. Saat ini saja ia sudah rutin membela tim U23 dan diprediksi bisa sepenuhnya memperkuat tim senior di masa depan.

Tim nasional Inggris kabarnya ingin memanfaatkan servis Iqbal namun hatinya sudah terikat pada Iraq yang merupakan negara asal Ibunya. Pada Mei 2021 lalu ia sudah memiliki paspor negara tersebut dan membela tim junior mereka.