Liga Indonesia

Apa Kabar Zaenal Arief 'Abo', Pemecah Rekor Gol Tercepat Persib vs Persija

Kamis, 16 Desember 2021 12:35 WIB
Penulis: Martini | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Apa kabar Zaenal Arief alias Kang Abo? Striker andalan yang masih memegang rekor mencetak gol tercepat Persib Bandung ke gawang Persija Jakarta.

Zaenal Arief adalah salah satu pesepak bola legendaris. Lahir dan besar di Garut, pemain yang berposisi sebagai striker itu berlabuh ke Persib Bandung tahun 1998.

Kala itu, ia juga dipanggil untuk membela Timnas Indonesia. Namun Zaenal Arief coba peruntungan baru dengan membela Persita Tangerang selama lima tahun, sampai 2005.

Puas merantau, Zaenal Arief pun akhirnya kembali ke pangkuan Persib Bandung, dan mencetak 18 gol dari total 52 caps bersama Maung Bandung hingga akhir musim 2009.

Selanjutnya, Zaenal Arief berkelana silih berganti membela klub Indonesia, agar tetap bisa berkarir di dunia sepak bola. Hingga akhirnya, kakak kandung Yandi Sofyan ini memutuskan pensiun pada 2014 usai mencetak total 96 gol di level profesional.

Salah satu gol yang paling fenomenal ialah saat Zaenal Arief membela Persib Bandung dan tampil menghadapi musuh bebuyutan, yakni Persija Jakarta di ISL 2008-2009.

Bermain di Stadion Siliwangi, 20 Juli 2008, Zaenal Arief sukses membobol gawang tim Persija Jakarta, dua menit setelah kick off. Rekor ini masih bertahan hingga sekarang.

Namun, satu gol tambahan dari Rafael Alves Bastos belum mampu membawa tim Persib Bandung menang atas Persija Jakarta. Abo dkk harus puas dengan kekalahan tipis 3-2.

Seiring waktu berlalu, apa kabar Zaenal Arief?